Camat Minta Ganti Rugi Segera Dituntaskan


riaupotenza.com
Camat Rimba Melintang Burhanuddin Hasan saat meletakkan batu pertama pembangunan PKS PT Sindora di Lenggadai Hilir.

RIMBAMELINTANG (RPZ) - Camat Rimba  Melintang meminta agar persoalan terkait pembangunan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di Lenggadai Hilir bisa segera diselesaikan. Hal ini bertujuan agar pembangunan bisa berjalan lancar dan aman serta bisa selesai tepat waktu

"Masih ada bebetapa masyarakat yang datang mengenai ganti rugi yang belum selesai. Jadi kita minta gar PT Sindora melakukan musyawarah dan pihak kecamatan siap untuk membantu," kata Camat, Kamis (5/7) di Lenggadai Hilir.

Bahkan ia mengumpamakan bahwa apabila dari 100 orang masih ada dua atau tiga orang yang masalahnya tidak selesai akan menjadi duri di belakang hari. "Kita fikir tidak ada masalah yang tidak bisa selesai, jadi selagi bisa cepat kenapa harus menunggu lama lagi," jelasnya

Bahkan ia menjamin bahwa masyarakat sangat mendukung keberadaan PKS tersebut karena memang sudah sangat lama dinantikan oleh masyarakat dan para petani Sawit. Untuk itulah diharapkan. Persoalan yang muncul jangan menjadi hal yang menghambat pembangunan yang sudah dimulai.

Camat juga meminta pihak perusahaan sehat ini melakukan inventarisir pekerja sehingga bisa dibantu untuk diinformasikan kepada masyarakat. "Kita tekankan mengutamakan tenaga kerja tempatan sesuai dengan bidangnya dan ini salah satu manfaat dengan berdirinya pabrik di tempat kita," jelas Camat.

Aspek lingkungan juga menjadi perioritas karena pabrik besar sehingga lingkungan jangan sampai tercemar. Pabrik modern meskipun sedikit meninggalkan limbah namun harus diantisipasi sejak dini sehingga tidak menimbulkan keresahan di tengah masyarakat.

"Kalai di luar negri hampir 30 persen pendapatn hasil pabrik itu diperuntukkan bagi lingkungan. Jadi bisa dibuat taman di sekitaran pabrik dengan kata lain memang pabrik yang polusinya bisa ditekan dengan berbagai upaya baik secara teknologi maupun Secara alamiah." pungkasnya.der.