Komitmen Direksi BPJS Kesehatan Mengoptimalkan Pelayanan

Mantap, 3 Menit Selesai Urus BPJS Kesehatan


riaupotenza.com
Direksi BPJS Siswandi sedang melayani peserta BPJS.

PEKANBARU (RPZ) — Hampir setiap hari warga banyak mengurus surat peserta  BPJS Kesehatan di loket kantor Cabang BPJS Kesehatan, Jalan Tuanku Tambusai ujung. Seperti yang terlihat,  Kamis (5/7/2018). Banyak masyarakat yang datang, masuk ruangan dan langsung mengambil antrean di meja sekurity. 

Di tengah kesibukan petugas dan hiruk pikuk pelayanan itu, tiba-tiba  diumumkan, bahwa untuk pelayanan peserta BPJS pada pagi Kamis itu, selain diyalani petugas seperti biasanya, juga ada diantaranya direksi yakni Deputy Direksi wilayah Sumbagteng Jambi Siswandi.

Memang sedikit kikuk, Siswandi yang saat ini sebagai top menager BPJS Kesehatan di Deputy Sumbagteng yang membawahi wilayah Provinsi Riau, Kepulaun Riau, Sumbar dan Jambi yang sehari hari mengatur lintas organisasi, awal sedikit canggung menghadapi peserta BPJS yang berurusan loket 1 yang dia tempatinya, namun setelah beberapa orang selanjutnya berusan, Siswandi terlihat lancar. Bahkan waktu 3 menit untuk menyelesaikan peserta untuk berusuan pada  loket 1 tersebut, bisa diselesaikannya dengan tepat waktu.

Menurut Siswandi pekerja di loket service memang untuk tingkat staf, namun walaupun tingkat bawah, pekerja di loket tidak gampang juga, karena untuk melayani masyarakat yang memiliki permasalahan dan pendidikan berbeda-beda yang sangat memerlukan konsentarasi yang tinggi serta harus bisa menyamakan antara perbuatan tangan dengan perkataan yang ada dimulut.

'’Apalagi untuk pelayanan di loket service di kantor BPJS Kesehatan, sudah ada ketentuan. Untuk loket 1,2 khusus  fast track (Pelayanan Cepat) dengan jangka waktu 3 menit. Semua urusan harus selesai 3 menit, kalau tidak selesai ada peringatan langsung dari sistem yang dipantau secara nasional ,’’ ujar Deputi Direksi Wilayah BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat dan Jambi Siswandi usai melayani peserta JKN-KIS di Kantor Cabang Pekanbaru, Kamis (5/7/2018). 

Kendati tidak terlihat luar biasa, namun dengan diketahuainya oleh masyarakat bahwa ada Direksi BPJS Kesehatan itu sengaja ikut melayani peserta, banyak masyarakat yang kaget dan terheran-heran. Kok bisa-bisanya, seorang yang sudah menjabat Direksi  mau terjun langsung melayani masyarakat di loket pelayanan.

Menurut Siswandi, apa yang dia lakukan itu, Sebagai salah satu rangkaian kegiatan HUT BPJS Kesehatan ke-50 yang jatuh tanggal 15 Juli 2018 mendatang. Selain itu juga dalam dalam rangka memastikan peserta JKN-KIS mendapat pelayanan terbaik, para Direksi dan Senior Leader BPJS Kesehatan terjun langsung meninjau pelayanan di sejumlah.Tak hanya itu, mereka pun turut melayani langsung para  peserta JKN-KIS yang datang berkunjung. 

“Kegiatan eksekutif frontliner ini merupakan salah satu wujud komitmen kami dalam menjaga dan mengoptimalkan mutu pelayanan kepada peserta JKN-KIS.  Kepuasan dan loyalitas peserta menjadi prioritas kami. Untuk itu, ke depannya kami berharap para Duta BPJS Kesehatan makin terpacu untuk memaksimalkan layanan. Kualitas layanan tidak boleh stagnan karena ekspektasi peserta akan terus meningkat,” papar kepala Deputi.

Dalam kesempatan tersebut, para Direksi dan senior leader BPJS Kesehatan menggantikan sementara tugas frontliner BPJS Kesehatan untuk memberikan pelayanan langsung kepada peserta JKN-KIS maupun masyarakat umum yang mendatangi Kantor Cabang BPJS Kesehatan, khususnya di Loket Fast Track (Pelayanan Cepat).

“Berinteraksi dan melayani langsung peserta JKN-KIS tentu menjadi kesan tersendiri bagi kami. Tugas frontliner sebagai garda terdepan pelayanan peserta JKN-KIS di Kantor BPJS Kesehatan memiliki tantangan tersendiri,” ucap Siswandi.

Menurut Siswandi, jika dibandingkan dengan negara-negara lain yang menerapkan sistem jaminan sosial, pertumbuhan peserta program jaminan kesehatan di Indonesia terbilang amat pesat. Jika hanya dalam waktu 4 tahun, program JKN-KIS telah meng-cover hampir 80 persen  dari penduduk Indonesia. Aby