Meski Disdik Sudah Siapkan Ribuan Daya Tampung

Ribuan Siswa Tak Bisa Masuk Sekolah Negeri


riaupotenza.com
Sejumlah calon murid didampingi orang tuanya melakukan pengisian formulir pendaftaran di SDN 105 Jalan HR Soebrantas, Kecamatan Tampan, Pekanbaru.

PEKANBARU (RPZ) - Kemarin, Rabu (4/7), merupakan hari terakhir Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2018/2019. Hari ini, Kamis (5/7) akan diumumkan hasilnya, siapa saja calon siswa yang diterima di sekolah negeri. 
 
Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru mengaku sudah menyediakan daya tampung yang cukup banyak untuk para calon siswa, mulai dari Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). 

“Untuk daya tampung PPDB sekolah dasar (SD), kami siapkan 14.500 kursi untuk 195 SD negeri se-Kota Pekanbaru. Untuk SMP ada 8.000 kursi di 43 SMP negeri,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, Rabu (4/7) kemarin.

Jamal menambahkan, meskipun Disdik Pekanbaru telah menyiapkan ribuan daya tampung bagi pelajar yang akan masuk di tahun ajaran 2018/2019 ini, namun masih akan ada banyak lagi pelajar yang tidak bisa masuk ke sekolah negeri.

“Akan ada pelajar yang tereleminasi untuk masuk ke sekolah negeri, dan perhitungan kami akan ada sekitar 6-7 ribu pelajar yang akan masuk ke sekolah swasta. Artinya semuanya akan tertampung tapi tidak semua di negeri,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, paling tidak ada sebanyak 65 persen pelajar yang bisa masuk ke sekolah negeri, baik tingkat SD dan SMP. “Kalau semua dipaksakan masuk negeri, kan tak mungkin. Sekolah swasta juga mengeluh kekurangan murid,” imbuhnya.

Salah satu orang tua siswa, Erni (43), warga Labuhbaru Barat mengaku harap-harap cemas. Ia mengaku khawatir andai anaknya masuk ke sekolah dasar swasta.

“Kalau bisa yang dekat dengan rumah, yang saya khawatirkan jika harus ke sekolah swasta, biasanya mahal. Ditambah lagi umur anak saya 6,5 tahun, jadi agak was-was apakah sudah bisa diterima di SD negeri,” ungkapnya.

PPDB tahun ini memasuki hari ketiga terhitung mulai tanggal 2-4 Juli 2018. PPBD di seluruh sekolah negeri dibuka mulai dari pukul 08.00 sampai 12.00 WIB dan tanggal 5 Juli hari ini sudah dilakukan pengumuman. (lex)