Anggota BPD 6 Desa Dilantik


riaupotenza.com
LANTIK ANGGOTA BPD-Camat Gaung H Nurmansyah AR SSos melantik angota BPD dari 6 Desa se-Kecamatan Gaung.

GAUNG (RPZ) - Bupati Indragiri Hilir HM Wardan MP yang diwakili Camat GAUNG H Nurmansyah AR SSos melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah Badan Permusyawarahan Desa (BPD) dilingkungan Kecamatan GAUNG Periode 2018-2024, Selasa (3/7) di aula Kantor Camat Gaung.
 
Hadir dalam agenda tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Indragiri Hilir H Yulizal yang diwakili oleh Kabid Pemerintah Desa PMD Kabupaten Inhil H Mukhlis, Sekretaris Camat GAUNG Said Zulfami, Kepala Kantor Urusan Agama GAUNG H Joni Afrizal SAg.

Dalam sambutan Bupati Inhil HM Wardan MP yang disampai oleh Camat GAUNG H Nurmansyah AR SSos mengucapkan terimakasih kepada angota BPD yang selama ini telah berpartisipasi dalam melaksanakan tugas sebagai perwakilan masyarakat.

“Angota BPD tugas dan fungsinya adalah menampung aperasi serta mewakili segenap elemen masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan desa,dan wewang BPD dalam mengambil itu tentunya tidak terlepas dari kerjasama antar pemerintah desa,” ungkap Nurmansyah.

Hal serupa disampaikan oleh Kabid Pemerintah Desa Dinas PMD Kabupaten Inhil H Mukhlis. Ia memaparkan dalam pasal 5 ayat 1 Permendagri nomor 110 tahun 2016, dinyatakan bahwa angota BPD adalah wakil dari penduduk desa yang bersangkutan berdasarkan keterwakilan wilayah yang ditetapkan secara demokratis melalui proses pemilihan lansung atau musyawarah, dengan memperhatikan keterwakilan perempuan.  Dan dalam pasal 5 peraturan daerah Kabupaten Indragiri Hilir nomor 3 tahun 2016 disebutkan bahwa,selaku wakil dari penduduk desa sebagai lembaga yang berfungsi pembentukan peraturan desa dan mitra pemerintah desa.
 
“Diharapkan segenap angota BPD yang telah dilantik agar dapat menjalankan tugas dan funsinya,senantiasa memantau segala kegiatan pembangunnan di wilayahnya,’’ pinta Mukhlis.
 
Adapun angota BPD yang dilantik adalah BPD Desa Soren, Desa Gembira, Desa Teluk Merbau, Desa Pintasan dan Desa Semambu Kuning.ujg