Waspada Bahaya Zat Kimia Pada Pangan


riaupotenza.com
Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura saat acara sosialisasi.

PANGKALAN KERINCI (RPZ) -Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Pelalawan mengingatkan agar masyarakat tetap memperhatikan mutu pangan. Terutama, petani dan pedagang sayur dan buah hendaknya menyediakan pangan yang segar serta meminimalisir zat kimia.

‘’Kedepan bahaya zat kimia pada pangan dapat diminimalisir untuk menghasilkan pangan yang bermutu dan aman konsumsi,’’ kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Pelalawan  Ir Syahfalefi MSi, Rabu (4/7/2018).

Hal ini terungkap saat digelarnya pelatihan mutu dan keamanan pangan,  di Grand Hotel Pangkalan Kerinci kemarin. ‘’Kebijakan penanganan keamanan pangan diarahkan untuk menjamin ketersediaan pangan segar yang aman untuk dikonsumsi agar masyarakat terhindar bahaya kimia dan mikroba,’’ lanjut Kadis.        

Dikatakannya, kegiatan sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan wawasan, kreativitas, motivasi, profesionalisme seperti diamanatkan UU Nomor 7 tahun 1996 sebagai mana amendemen UU No 18 tahun 2018. 

‘’Jadi disinilah peran kita. Kita berikan mereka pemahaman petani dan pedagang  agar kedepan bahaya zat kimia pada pangan dapat ditekan,’’ ungkapnya.    

Mantan Kadistan menambahkan, sejauh ini masih banyak masyarakat yang belum menyadari pentingnya keamanan pangan yang salah satunya adalah pangan segar, baik masyarakat awam ataupun pelaku usaha.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Grand ini diikuti perwakilan kelompok tani sayur dan pengusaha sayur dan buah-buahan sebanyak 21 orang. 

‘’Peserta ini nanti yang ikut mensosialisasikanya dilapangan sebagai perpanjangan dari Pemkab Pelalawan,’’ ungkap Syahfalefi .amr