Rohil Kloter Pertama JCH Berangkat Ke Madinah

Pemkab Tanggung Biaya Transportasi Lokal


BAGANSIAPIAPI (RPZ) - Jamaah calon haji (JCH) yang berasal dari Kabupaten Rohil, tahun ini tergabung di dalam kloter 10 yang berangkat bersama rombongan dari Kabupaten Siak. Rombongan ini merupakan kloter pertama yang berangkat langsung ke Madinah melalui embarkasi Batam.

Dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Rohil, Drs H Surya Arfan MSi kepada riaupotenza.com, Selasa (3/7) di ruang kerjanya lantai tiga kantor Bupati Rohil, bahwa keberangkatan sesuai rapat yang telah dilaksanakan dijadwalkan dari Rohil ke Dumai pada tanggal 28 pagi, untuk itu diharapkan seluruh jamaah pada pukul 05:30 agar sudah bersiap dititik kumpul keberangkatan masing-masing rayon.

‘’Habis solat subuh berangkat langsung ke Dumai. Mekanismenya tidak ada lagi yang menunggu, namun langsung berangkat menuju ke kapal ke Batam, dan jam 08:00 pagi sudah sampai. Kenapa diupayakan berangkat pagi, karena supaya bisa sampai cepat dan tidak kemalaman, sehingga di sana sudah bisa istirahat. Keesokan harinya kloter 10 ini langsung berangkat ke Madinah, karena kita adalah kloter pertama,’’ kata Surya.

Kemudian, koper pada tanggal 25 Juli semua harus sudah diantarkan ke Dumai. Sehingga tidak ada lagi yang ketinggalan dan terlambar berangkat, sehingga bisa berakibat fatal yakni gagal berangkat. Namun hal itu sangat tidak mungkin terjadi, karena berangkat haji ini sudah dipersiapkan dengan matang oleh panitia.

Sementara itu, mengenai pembiayaan untuyk keberangkatan dari Rohil ke Dumai dan sampai ke Batam semuanya ditanggung oleh Pemkab Rohil, seperti biasa setiap tahunnya. Itu artinya, JCH tidak lagi menanggung biaya selain biaya haji sendiri.

‘’Pembiayaannya semua dibayar penuh pergi pulang. Harapan kita semua jamaah bisa beribadah dengan baik dan selalu menjaga kesehatannya. Dan mematuhi seluruh arahan dan jadwal oleh panitia selama mengikuti manasik,’’ ujar Surya.iin.