Abrasi, Pesisir Sungai Rokan Banyak Rusak


riaupotenza.com
Sejumlah wilayah pesisir di Riau dan khususnya Rokan hilir terkikis abrasi.

BAGANSIAPIAPI (RPZ) - Memprihatinkan, saat ini, kondisi hampir seluruh pesisir Sungai Rokan mengalami kerusakan.

“Tapi seberapa parah rusaknya kita belum tahu, karena kita memang belum melakukan pemetaan,” ujar Kasi Kerusakan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Rohil, Syahruk SKM.

Abrasi masih menjadi faktor utama kerusakan tersebut, ia mengalami, saat ini pihaknya belum bisa mengambil langkah nyata.

“Untuk melakukan pencegahan tentu kita harus tahu terlebih dahulu seberapa luas kerusakannya, makanya pemetaan itu sangat penting. Setelah kita lakukan pemetaan barulah ada langkah tepat yang bisa kita ambil,” sebutnya. 

Syahrul mengungkapkan beberapa waktu lalu, LSM WALHI juga sempat mendatanginya untuk melakukan penanaman pohon mangrove, namun karena belum mengantongi data luas kerusakan pihaknya belum bisa melaksnakan hal tersebut.

“Kita harus tahu dulu seberapa luas kerusakan dan seberapa parahnya, kalau saat ini kita belum bisa mengatakan rusak parah, karena kita belum melakukan peninjauan secara keseluruhan, makanya untuk mengambil langkah pencegahan kita harus tahu benar seberapa luas kerusakan nya, dan bagaimana tekniknya karena kalau kita main tanam saja tapi tidak tahu medannya takutnya nanti terbawa arus air bibitnya, kan percuma,” ungkapnya.

Untuk itu, dalam waktu dekat pihaknya akan turun ke lapangan dan melakukan pemetaan sehingga kerusakan di pesisir Sungai Rokan bisa diatasi.ian.