Diserahkan Langsung Bupati Syamsuar

Harumkan Nama Siak, Bufon Sang Juara Dapat Rumah


riaupotenza.com
Bufon Sinaga beserta keluarga dan Bupati Siak H Syamsuar foto bersama.

SIAK (RPZ) - Tohap Sinaga dan Zuniar Simbolon tampak sumringah. Pasangan suami istri ini sangat senang begitu Bupati Siak,  H Syamsuar yang membuka pertama kunci pintu rumah,  Selasa (3/7/2018).

Ya,  pasangan suami istri ini dapat bantuan rumah atas prestasi anaknya Bufon Sinaga yang mengharumkan Indonesia karena juara 1 karate kancah Internasional. Ini merupakan janji Bupati Syamsuar usai murid Sekolah Dasar Swasta di Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau ini mengharumkan nama Siak dikancah internasional. 

Adapun rumah untuk keluarga Bufon ini dengan bangunan permanen minimalis berukuran 5×20 meter. Hadiah itu sebagai bentuk apresiasi Pemkab Siak atas prestasi gemilang Bufon yang sudah mengharumkan nama Indonesia khususnya Siak di Edition of Internasional karate open of prov de liega 2017 Belgia.

“Ini suatu kebanggaan kita. Jarang warga Riau ikut event tingkat nasional dan keluar sebagai pemenang mewakili Indonesia di event Internasional. Tapi anak kita Bufon bisa meraih prestasi itu,” sebut Syamsuar yang sudah mengikuti prestasi Bufon sejak di tingkat provinsi.

Menurut Syamsuar, perhatian pemerintah daerah terhadap anak-anak berprestasi harus terus ditingkatkan. “Agar dapat memotivasi atlet lainnya di Siak hingga tingkat nasional dan Internasional. Karena Bufon juga, saya beberapa kali diundang di televisi swasta,” katanya.

Syamsuar juga mengaku salut dengan Bufon. Dia memotivasi tulisan dengan dirinya di sebuah batu. Itu bagian motivasi Bufon untuk menunjukan kepada ayah bundanya. Itu tidak disuruh, tapi kemampuan dirinya untuk memotivasi diri agar berprestasi.

“Pendidikan gratis di Siak ini akan kita terapkan juga di Riau nantinya. Miris kita kalau masih ada anak yang tidak bisa ikut ujian karena tidak bisa membayar uang sekolah. Masa depan bangsa ini tergantung pendidikan, maka itu kami programkan pendidikan yang menjadi prioritas,” kata Syamsuar ingin membenahi daerah lainnya.

PT BSP, kata Syamsuar lagi, termasuk salah satu perusahaan daerah di Siak yang sangat peduli dengan pendidikan. Bertepatan dengan hari yang sama dengan penyerahan rumah Bufon, PT BSP juga menyerahkan tiga ruang kelas untuk SD Islamic Center.

Jhon Edwar Sinaga, perwakilan dari Keluarga Sinaga Provinsi Riau menyebutkan rasa bangga dan bahagia dengan prestasi Bufon Sinaga yang meraih juara 1 Dunia karate di Belgia.

“Kami keluarga besar Sinaga saru hati, satu perasaan sehingga ikut merasakan bahagia dengan apa yang sudab diperoleh Bufon. Terimakasih kepada PT BSP yang begitu peduli dengan prestasi anak Siak hingga memberikan hadiah rumag ini,” katanya.

Ia bahkan berharap ekstrakurikuler karate di sekolah terus dilaksanakan untuk melahirkan atlet karate lainnya. Karate bukan untuk berkelahi melainkan kegiatan untuk kebugaran tubuh.

“Kami juga sampaikan ucapan selamat kepada pak Syamsuar yang meraih suara terbanyak pada Pilkada Riau 2018. Meski belum diumumkan KPU, tetapi hasil survei sementara sudah membuktikan bapak adalah yang diamanahkan masyarakat Riau,” sebut Jhon Edwar Sinaga.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur PT BSP, Bismantoro Prabowo menyebutkan bahwa PT BSP sangat mengapresiasi sekali keberhasilan Bufon mengharumkan nama bangsa Indonesia.

“Melalui program CSR, PT BSP membangun rumah untuk Bufon sebagai hadiah yang dijanjikan oleh Pemkab Siak kepadanya. Mudah-mudahan dengan rumah baru ini Bufon terus mengukir prestasi lebih banyak lagi,” katanya.

Terlihat hadir dalam kesempatan itu Camat Tualang serta Sekcam, manajemen PT BSP serta para guru di sekolah Bufon dan masyarakat setempat. Setelah melakukan pengguntingan pita dan penyerahkan kunci rumah, Bupati Siak beserta manajemen PT BSP masuk ke dalam rumah dan membubuhkan tandatangan di batu yang berisikan harapan Bufon sebelum menjadi juara 1 dunia karate.