645 JCH Inhil Dibagi Jadi 3 Kloter


riaupotenza.com
SAMBUTAN-Asisten III Pemkab Inhil RM Sudinoto memberikan sambutannya saat menghadiri manasik haji.

TEMBILAHAN (RPZ) - Sebanyak 645 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) direncanakan akan mulai diberangkatkan pada 20 Juli 2018. JCH Inhil sendiri dibagi menjadi tiga kelompok terbang (kloter).
 
Kelompok pertama yang terdiri dari 443 tergabung dalam kloter 3 Batam akan berangkat pada 20 Juli 2018. Sementara kelompok kedua yang terdiri dari 123 jamaah yang tergabung dalam kloter 8, yang akan bergabung dengan jamaah dari Kabupaten Inhu dan Bengkalis, akan diberangkatkan pada tanggal 26 Juli 2018.
 
‘’Kemudian kelompok terakhir yang terdiri dari 79 jemaah tergabung dalam kloter 9 akan bergabung dengan jemaah dari Dumai. Alhamdulillah, tahun ini JCH meningkat dari tahun sebelumnya, dimana yang sudah terdaftar 645 jemaah,’’ ujar Kepala Bagian Kesra Setdakab Inhil, HM Arifin, Senin (2/7).
 
Dijelaskan Arifin, untuk rute keberangkagan masih seperti tahun-tahun sebelumnya yaitu menggunakan kapal fery cepat dari pelabuhan Masjid Al-Huda Tembilahan.
 
“Mari kita doakan semoga semua rencana dan proses berjalan dengan lancar,” ungkapnya.
 
Salah satu persiapan bagi para JCH pun telah dilakukan. Salah satunya bimbingan manasik haji tingkat Kabupaten Indragiri Hilir yang dilaksanakan di aesjid Agung Al-Huda, Jalan Jend Sudirman, Tembilahan, Sabtu (30/6). Manasik haji dibuka secara resmi oleh Asisten III Kabupaten Indragiri Hilir RM Sudinoto
 
‘’Kegiatan manasik haji ini diikuti 20 kecamatan se-Kabupaten Inhil. Para JCH diminta agar dapat menyiapkan diri dalam melaksanakan ibadah haji, baik persiapan fisik maupun mental. Di samping itu juga pemahaman tentang tata cara pelaksanaan haji lewat manasik haji ini,” terang Sudinoto.
 
Dengan demikian, lanjut Sudinoto, para JCH dapat menunaikan ibadah sesuai ketentuan syariat Islam dan dapat mengerjakan seluruh syarat maupun rukun haji dengan sempurna agar nantinya mendapatkan haji yang mabrur.zal