Wow! Buaya Bertelur di Semak Pinggir Jalan


riaupotenza.com
BUAYA BERTELUR - Buaya air tawar, bertelur di semak pinggir jalan, tak jauh dari pemukiman penduduk.

INHU (RPZ) - Masyarakat Desa Seluti (Seko Lubuk Tigo), Kecamatan Lirik, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) digegerkan oleh penemuan seekor buaya air tawar yang bersembunyi di semak-semak pinggir jalan.

Setelah diperhatikan dari jarak dekat, ternyata reptil berjenis kelamin betina itu tengah bertelur. Tempat buaya itu bertelur itu juga tidak jauh dari pemukiman penduduk. Persis berada di pinggir sungai kecil jalan desa yang menghubungkan Desa Seluti dengan perusahaan HTI PT MKS.

Hal tersebut tentunya membuat warga sekitar khawatir. Supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, warga setempat langsung melaporkan kejadian itu pada pihak desa dan Camat Lirik.

“Benar, atas laporan tersebut kita bersama pihak desa sudah turun ke lokasi untuk meninjau secara langsung,” ungkap Camat Lirik, H Suhadi MM.

Setiba di lokasi, dirinya tidak sempat melihat bobot tubuh buaya tersebut, karena sudah keburu terjun ke air. Di tempat itu, mereka menemukan 1 butir telur buaya yang tertutup daun dan kayu.

“Sebenarnya, buaya air tawar itu sudah sempat dua kali bertelur. Namun sebelumnya, 1 butir telurnya dimbil oleh warga, dan saat ini sudah kembali diletakan ke tempat itu,” singkat Suhadi menerangkan. 

Diharapkan kepada masyarakat setempat untuk tetap waspada dan diminta segera melaporkan kepada pihak berwajib apabila buaya tersebut terlihat lagi, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. rpg/pm