220 Warga Operasi Katarak


riaupotenza.com
Kajari dan rombongan meninjau proses operasi katarak. Terlihat peserta usai dioperasi diruang operasi.

BAGANSIAPIAPI (RPZ) - Sebanyak 220 warga yang terkena penyakit katarak, Ahad (1/7) dioperasi. Kegiatan ini gratis dilaksanakan dalam rangkaian iven ritual bakar tongkang.

Operasi katarak yang dipusatkan di RSUD Dr Pratomo itu dibuka langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Rokan Hilir, Gaos Wicaksono SH MH, bersama Lions Club selaku donatur.

Ketua Panitia pelaksana, Ir Siswaja Muljadi kepada riaupotenza.com menyebutkan, bakti sosial operasi katarak gratis tersebut diikuti sebanyak 220 pasien yang terdiri dari berbagai daerah di Rohil.

“Sebelumnya kita lakukan penjaringan ada sebanyak 220 orang yang akan kita operasi dan akan dilaksanakan selama dua hari dari tingkat Puskesmas,” katanya.

Namun jelasnya, setelah dilakukan penjaringan di beberapa puskesmas, hingga saat ini masih banyak masyarakat yang datang untuk mendaftar sebagai peserta dengan alasan baru mendapatkan informasi dan sebagainya.

“Kita akan tetap prioritaskan orang-orang yang mempunyai komitmen untuk mengikuti kegiatan kita, mereka yang dari awal melakukan pemeriksaan. Namun jika masih memungkinkan akan tetap kita layani,” jelasnya. 

Kegiatan bakti sosial ini lanjutnya, masih merupakan rangkaian dari iven bakar tongkang. Bahkan beberapa kegiatan bakti sosial juga sebelumnya telah dilaksanakan seperti sunat massal gratis, pengobatan gratis serta pembagian sembako.

Sementara itu, Kajari Rohil dalam penyampaian nya memberikan apresiasi serta menyambut antusias atas apa yang telah dilaksanakan oleh Lion Club Bintang Mulia Bagan Batu tersebut.

Menurutnya, kegiatan bakti sosial seperti inilah yang perlu dilaksanakan. Hal tersebut dikarenakan dapat membantu masyarakat yang kurang mampu serta manfaatnya langsung dirasakan oleh masyarakat.

“Saya selaku Kajari sangat mengapresiasi atas apa yang telah dilaksanakan ini, kegiatan seperti ini harus terus dikembangkan, dan kalau bisa setiap ada iven bakar tongkang kegiatan bakti sosial seperti ini juga tetap diadakan,” pungkasnya.

Usai dibuka secara resmi, Kajari bersama ketua pelaksana beserta rombongan langsung meninjau serta melihat secara langsung proses pelaksanaan operasi katarak.

Tampak hadir dalam acara itu, Direktur RSUD RM Pratomo Tribuana Tungga Dewi, Anggota DPRD Rohil, Imam Suroso, Ketua Multi Marga Tionghoa, Rendy Gunawan, para pengurus Lion Club serta peserta operasi katarak.iin.