Disiapkan Jadi Agenda Tahunan

Minggu Kedua Agustus, Digelar Pesta Teluk Jering


riaupotenza.com
Kadispar Kampar bersama EO Pekanbaru Pos dan warga Teluk Jering usai rapat pematangan rencana Festival Teluk Jering, kemarin.

BANGKINANG (RPZ) -- Keberadaan lokasi wisata Pulau Cinta Teluk Jering di Desa Teluk Kenidai, Kabupaten Kampar akan semakin dikenal luas. Direncanakan pada minggu kedua Agustus nanti akan digelar iven wisata bertaraf provinsi, yakni Pesta Teluk Jering di lokasi destinasi wisata yang sangat dikenal masyarakat luas. 

Rapat persiapan dan kesiapan panitia bersama Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Ekraf) Kabupaten Kampar, Jumat (29/6) dilaksanakan di aula kantor dinas pariwisata. Hadir seluruh unsur yang bekerja sama, antara lain Pekanbaru Pos sebagai EO, panitia lokal dari Teluk Jering dan pihak Dispar Ekraf Kampar. Dalam rapat kali ini diwakili oleh Sekdis Heri Siswanto beserta para Kabid.

Rapat bersama, perdana ini, dipimpin oleh Direktur Pekanbaru Pos Khairul Amri, didampingi Ketua panitia Husni Mubarok dan Sekdis Heri. Suasana rapat sangat cair dan bersemangat. Semua komponen  yang hadir nampak aktif dan bersemangat serta sangat siap untuk bersama menyukseskan iven ini. Sebagai inisiator, kata Khairul, Pekanbaru Pos sangat senang dengan sambutan seperti ini. Ia berharap, pelaksanaan acara akan lancar dan sukses.

Dari diskusi yang berjalan, semua sepakat bahwa iven ini akan digelar pada 12 Agustus 2018, sekaligus memeriahkan HUT ke 73 Republik Indonesia. Dan, rangkaian acara di sana, antara lain Festival Layang-layang se Riau, Lomba Sampan Hias dan panggung seni budaya Kampar. Helat acara akan berlangsung saru hari penuh, pagi hingga sore.

Dalam kesempatan ini, Sekdis Heri menyampaikan apresiasi Dinas Pariwisata Ekraf terhadap rencana iven ini. "Sekarang Kampar sudah banyak memiliki lokasi wisata yang bagus. Tinggal lagi kita menyiapkan ivennya. Makanya, ide dari Pekanbaru Pos dan didukung oleh pengelola lokasi wisata Teluk Jering ini sangat bagus. Kami sangat mendukung penuh," katanya. 

Bahkan, ia sangat berharap agar iven ini disiapkan secara matang untuk menjadi iven wisata tahunan. "Jangan hanya sekali ini saja kita laksanakan. Pesta Teluk Jering ini kita jadikan agenda tahunan wisata Kabupaten Kampar. Dinas akan mendukung penuh dan siap ikut bersama-bersama membesarkannya. Mari kita sukseskan," ujar Heri, disambut semangat tepuk tangan semua yang hadir.

Sementara Ketua panitia lokal Husni Mubarok menyampaikan semangat dan kesiapan serta keseriusan panitia acara. Bukti keseriusan itu, kata dia, dilihat dari kehadiran saat rapat kemarin. Husni mengikutsertakan hampir seluruh panitia dirapat tersebut. Tak hanya panitia, seluruh masyarakat di sekitar lokasi itu pun siap menyukseskan iven tersebut.

Peserta Segera Mendaftar ke Panitia

Ketua panaitia dari EO Pekanbaru Pos Adnan menyebutkan, untuk pendaftaran peserta festival dan lomba, sudah bisa dilakukan dari sekarang. Caranya, kata dia, bisa dengan menelepon panitia atau datang langsung ke Kantor Pekanbaru Pos di lantai 5 Gedung Graha Pena Riau Pos Jalan HR Subrantas Panam Pekanbaru.

"Silahkan calon peserta lomba untuk mendaftar. Telpon ke nomor hp 081365267454 atau ke nomor 085355714985. Bisa juga datang ke Gedung Graha Pena Riau di lantai 5, pada jam kerja Senin-Sabtu," jelas Adnan.

Ia juga mengingatkan, target panitia untuk festival layang-layang jumlah peserta sekitar 100 orang, dan lomba sampah hias sekitar 50 sampan. Panitia berencana juga menyiapkan acara pra iven, yakni berupa sampan hias untuk masyarakat lokal. Karena peserta terbatas, kata Adnan, segeralah mendaftarkan diri ke Panitia.(btr)