Pemkab Pelalawan Krisis Keuangan

Pegawai Honor Segera Dirumahkan


riaupotenza.com
ist/ilustrasi Segera Dirumahkan - Kondisi keuangan Pemerintah Kabupaten Pelalawan yang krisis, membuat sejumlah pegawai honorer terpaksa dirumahkan.

PELALAWAN (RPZ) - Kondisi keuangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan mengalami krisis. Bukan saja berimbas pada pembangunan infrastruktur minim, tapi juga para pegawai honor terancam dirumahkan.

Hal itu disampaikan Bupati Pelalawan HM Harris, saat ditemui awak media di kantornya.

‘’Kondisi ke uangan kita sekarang sulit. Apalagi bantuan dari pusat dan Provinsi Riau hampir tidak ada. Jadi terpaksa pegawai honor kita rumahkan,’’ ungkap Harris.

Namun Bupati Pelalawan tidak merinci berapa jumlah pasti pegawai honor yang bakal dirumahkan. Tetapi seluruh pegawai honor yang bekerja di semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pelalawan. Setelah tiap bulannya menyedot anggaran daerah miliaran rupiah untuk gaji pegawai tersebut.

‘’Pegawai honor yang bisa kita pertahankan yang penting-penting saja apa yakni guru dan tenaga kesehatan. Selebihnya dilakukan pemutusan kerja. Karena tak mungkin gaji mereka di potong, sama saja menyiksa mereka, lebih baik dirumahkan menjelang mendapatkan pekerjaan yang lain,’’ tutur mantan Ketua DPRD dua priode tersebut.

Sementara pemberhentikan pegawai honor di lingkungan Pemkab Pelalawan, dengan anggaran minim, kedepan akan dapat dilakukan penghematan, demi melanjutkan pembangunan di berbagai sektor Udiantaranya jalan, jembatan, sarana dan prasaranan kesehatan dan pendidikan.

‘’Daerah kita juga butuh pembangunan dan ingin mengejar prestasi. Maka terpaksa kita korban yang ada demi masyarakat  banyak,’’ pungkas Bupati dua priode dengan nada lemas.

Banyaknya pegawai honor di lingkungan Pemkab Pelalawan, bukan saja memberatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja daerah (APBD) Pelalawan. Tapi juga terkesan pemborosan, pasalnya tidak sedikit pegawai hanya datang pagi absen dan pulang lagi tanpa ada pekerjaan di kantor, setelah kembali masuk menjelang apel sore.rpz