Bupati, Pelalawan Sudah Lama Terapkan

Pencanangan Muatan Lokal Budaya Melayu Riau


riaupotenza.com
Bupati Pelalawan HM Harris dan Wabup Drs H Zardewan, MM bersalaman dengan pegawai di lingkungan Pemkab Pelalawan usai Pencanangan Muatan Lokal Budaya Melayu 

PANGKALANKERINCI–Bupati Pelalawan HM Harris memastikan di daerah yang dipimpinnya terutama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pelalawan sudah sejak lama mendukung dan menerapkan muatan local budaya Melayu. Terutama berbusana Melaya lengkap di kalangan aparatur pemerintahan satu hari kerja dalam satu pekan.

Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Bupati Tahun 2002 di mana hari tertentu di hari Jumat para ASN dan PTT diwajibkan berpakaian Melayu Riau bukan baju koko. ‘’Pemda Pelalawan sudah menerapkannya  dengan mewajibkan menggunakan baju Melayu bukan baju koko sesuai dengan Peraturan Bupati tahun 2002,’’ungkap Bupati HM Harris menyampaikan pernyataan ini pada saat pelaksanaan upacara bendera Pencanangan Muatan Lokal Budaya Melayu Riau di Halaman Kantor Bupati Pelalawan di Pangkalan Kerinci. Senin (25/06).

Ia menambahkan akan terus mengevaluasi untuk menjadi lebih baik karena pencanangan muatan lokal ini perlu diperkuat dengan adat istiadat di daerah.

‘’Kita akan terus evaluasi dan untuk memperkuat muatan lokal ini dengan adat istiadat daerah,’’jelas Bupati.

Pada upacara itu, Bupati  Pelalawan bertindak sebagai Pembina Upacara dan di ikuti oleh peserta upacara dari para Aparatur Sipil Negara  (ASN)  dan  honorer di Lingkungan Pemkab Pelalawan.  Hadir juga dalam kegiatan tersebut Wabup Drs H Zardewan, MM,  Sekda Drs HT Mukhlis,M.Si dan Kepala OPD,dan Pejabat Administrator / Eselon III.

Gambaran nuansa Melayu tampak kental di halaman Kantor Bupati Pelalawan pada agenda tersebut. Peserta upacara memakai busana Melayu lengkap.

Usai melaksanakan Upacara Bendera Pencanangan Muatan Lokal Melayu Riau Bupati Harris melaksanakan halal bihalal bersama para ratusan ASN dan honorer di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pelalawan.

Satu persatu pegawai dan honorer datang serta menyalami Bupati Harris, Wakil Bupati H Zardewan,Sekda Tengku Mukhlis serta Kepala OPD dan Pejabat Administrator di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pelalawan.

‘’Masih dalam suasana lebaran, kita bisa saling memaafkan dan hari ini kedepan kita  bekerja di dalam memberikan pelayanan  kepada masyarakat untuk  merealisasikan target pembangunan yang harus kita wujudkan bersama,’katanya menjawab pertanyaan wartawan.

‘’Dengan waktu libur panjang  bersama,  mudah-mudahan bisa memberikan semangat bagi seluruh  ASN dan PTT dalam bertugas terutama dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,’’tutupnya.amr