5 Tiang Pondasi Patah, Jalan Pelantar Sei Juling Miring


riaupotenza.com
Beberapa warga sedang melewati Jalan Pelantar Sungai Juling

SELATPANJANG(Pepos)-Kondisi jalan Pelantar Sungai Juling, Kelurahan Selatpanjang Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, makin hari semakin mengawatirkan. 

Dari pantauan Pekanbaru Pos, Kondisi jalan pelantar yang berada di pinggir tebing selat air hitam tersebut mulai bergeser dan miring ke arah laut. 

Dari informasi yang dirangkum, beberapa tiang pondasi jalan pelantar yang dibangun pada tahun 2008 itupun telah patah dan ada yang bergeser dari dudukan semula. 

Kondisi itu juga dibenarkan oleh ketua RT daerah setempat Apeng, "Iya jalan ini dibangun kalau tidak salah delapan atau sembilan tahun yang lalu. Pastinya saya lupa."ujarnya Minggu (24/7/18) kemarin. 

"Kami telah lihat kondisi jalan itu. Setelah di cek ke bawah jalan, beberapa tiang pondasi patah. Kurang lebih sekitar empat sampai lima tiang yang patah," ungkapnya. 

Menurut Apeng, itu penyab utama sehingga 30 meter jalan pelantar sungai juling miring dan harus segera diperbaiki sebelum runtuh serta dapat menimbulkan korban jiwa. 

Diungkapkan Apeng juga, beberapa hari yang lalu jajaran dari dinas terkait telah survei ke lokasi untuk memperbaiki satu titik ruas jalan terkait. "katanya kemarin mau perbaiki jembatan dulu. Jembatan itukan sudah putus, jadi mau diperbaiki," ujarnya. 

Selang tidak lama kemudian kegiatan itupun mendapat sorotan dari seorang anggota DPRD yang sengaja melarang proses perbaikan. "Tapi kelanjutannya saya tidak tau. Sayapun tidak mau ikut campur dan terlibat dalam hal mereka," ungkapnya. 

Menyikapi itu ia kembali meminta kepada pemerintah setempat segera memperbaiki jalan itu. Ia menilai jalan tersebut adalah akses utama warga dan jalur arus bongkar muat barang dari toko ke toko, sehingga sangat berpengaruh terhadap ekonomi Meranti.  

"Ini akses warga, selain akses warga, jalan ini juga sebagai akses utama bongkar muat barang toko klontong setempat. Jika ini putus tentu sangat berpengaruh terhadap ekonomi warga Meranti. Untuk itu kami mrminta kepada pemerintah untuk segera memperbaiki jalan ini," ungkapnya.(Wira)