Senin, Arus Balik Kembali Normal


riaupotenza.com
Ratusan penumpang saat antri di pintu Pelabuhan Tanjung Harapan.

SELATPANJANG--Arus balik di pelabuhan Tanjung Harapan Selatpanjang, Kepulauan Meranti, hingga Jumat (22/6), masih terlihat padat. Diperkirakan kondisi itu akan kembali normal awal pekan depan.

Kepala KSOP Selatpanjang, Usman Ys melalui Petugas Keselamatan Berlayar, Suharto, mengatakan bahwa sejak H-1 tercatat 18 ribu penumpang (pemudik) yang datang ke.Meranti. Jumlah tersebut terus berkurang setiap harinya. 

"Dari 18 ribu penumpang yang mudik saat libur lebaran Idul Fitri kemarin, tercatat sebanyak 14 ribu yang sudah keluar dari Selatpanjang. Sementara sisanya empat ribu lagi diperkirakan tuntas Sabtu atau Minggu," tambah Suharto.

Berdasarkan data dari KSOP Kepulauan Meranti, tiga hari terakhir H+1 (17/7/2018) arus balik terus meiningkat. Bahkan pada H+1 jumlah penumpang arus balik yang turun di Terminal Tanjung Harapan yang terdata sebanyak 2237 orang, sedangkan penumpang naik sebanyak 2767 orang dengan jumlah kunjungan kapal sebanyak 38 unit. 

Sementara H+2, penumpang yang turun sebanyak 2433 orang, dan yang naik sebanyak 3192 orang dengan jumlah kunjungan kapal sebanyak 41 unit. 

Sementara pada H+3 kian bertambah dengan total jumlah penumpang yang turun sebesar 2060 orang dan yang naik 3208 orang. Pada hari itu juga terjadi penambahan armada laut sebanyak 4 unit dari jumlah sebelumnya, yakni 45 unit kapal laut. 

"Lonjakan penumpang sudah jauh berkurang mulai  H+4. Hari ini saja diperkirakan paling banyak 1500 orang," ungkap Suharto.

Guna mengantisipasi terjadinya penumpukan penumpang, pihaknya dan tim terpadu masih menggunakan sistem buka tutup. "Buka tutup masih kita gunakan. Di sini seperti tahun sebelumnya kita terbagi di tiga pos. Pos pertama di terminal, pos kedua di pintu masuk pelabuhan, dan yang ketiga pintu masuk dermaga. Setiap pos penumpang di tahan untuk mengantri," ujarnya. 

Karenanya, dia berharap penumpang bisa mengerti dan bersabar mengantri. Keselamatan menjadi hal yang paling utama. "Kita juga bersyukur sampai saat ini tidak ada kendala yang berarti", pungkasnya.(TAN)