Puncak Arus Balik Membludak, Ternyata KSOP Meranti Lakukan Ini


riaupotenza.com
Terminal Pelabuhan Tanjung Harapan

SELATPANJANG(Pepos)-Arus balik pasca Idul Fitri 1439 hijriah dan libur nasional Pelabuhan Domestik Tanjung Harapan Kabupaten Kepulauan Meranti dipadati penumpang. 

Kepadatan itu terpantau mulai dari areal lahan parkir, dalam terminal, hingga di dermaga. 

Menyikapi penumpukan penumpang, jajaran Kantor Syahbadar dan Otoritas Pelabuhan Kepulauan Meranti menggunkan sistem buka tutup di tiga pos. 

Data yang dirangkum Pekanbaru Pos dari KSOP Kepulauan Meranti, tiga hari terakhir H+1 (17/7/2018) arus balik terus meiningkat seiring hingga akhir libur nasional H+5 (21/7/2018) mendatang.

H+1 jumlah penumpang arus balik yang turun di Terminal Tanjung Harapan yang terdata sebanyak 2237 orang, sedangkan penumpang naik sebanyak 2767 orang dengan jumlah kunjungan kapal sebanyak 38 unit. 

Sementara H+2, penumpang yang turun sebanyak 2433 orang, dan yang naik sebanyak 3192 orang dengan jumlah kunjungan kapal sebanyak 41 unit. 

Sementara pada H+3 kian bertambah dengan total jumlah penumpang yang turun sebesar 2060 orang dan yang naik 3208 orang. Pada hari itu juga terjadi penambahan armada laut sebanyak 4 unit dari jumlah sebelumnya, yakni 45 unit kapal laut. 

Kepada Peknbaru Pos, Rabu (20/72018) siang, Kepala Keselamatan Berlayar, Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Kepulauan Meranti, Suharto memprediksi lonjakan penumpang akan berkurang mulai  H+4.

"Kalau hari ini mulai berkurang. Lonjakan penumpang arus balik pasca Idul Fitri kali ini terjadi pada H+3 atau semalam. Kalau besok pun saya rasa sudah mulai turun," ungkapnya. 

Namun untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan penumpang, pihaknya dan tim terpadu masih menggunakan sistem buka tutup. 

"Buka tutup masih kita gunakan. Di sini seperti tahun sebelumnya kita terbagi di tiga pos, pos pertama di terminal, pos kedua di pintu masuk pelabuhan, dan yang ketiga pintu masuk dermaga. Setiap pos penumpang di tahan untuk mengantri," ujarnya. 

Untuk itu sampai saat ini status pelayanan dna pantauan arus balik di Prlabuhan Domestik Tanjung Harapan Kepuluan Meranti masih aman dan terkendali. 

Disamping itu ia juga sangat berharap peran serta dari seluruh penumpang untuk tetap sabar dengan kondisi berdesakan saat memasuki dermaga terkait.(Wira)