Hadiah Pacu Jalur Pangean Besar dari Rayon


riaupotenza.com
Jalur juara nasional Siposan Rimbo RAPP siap ikut dalam ujicoba pacu jalur di Kecamatan Pangean awal Juli mendatang.

Kuansing (RPZ)-- Pangean adalah kecamatan pertama yang menghelat Iven Pacu Jalur Tradisional pasca Idul Fitri. Sesuai jadwal, pacu jalur yang akan dilaksanakan di Tupian Rajo Pangean itu dimulai Jumat hingga Ahad (6-8/7) mendatang. Hadiahnya pun berpotensi lebih besar atau lebih banyak dari iven pacu jalur rayon tahun lalu.

Total hadiah yang akan diperebutkan berkisar Rp75 juta. Juara 1 akan mendapat uang pembinaan sebesar Rp15 juta, piala bergilir, piala tetap dan tonggol juara. Juara 2 memperoleh Rp12,5 juta, piala tetap dan tonggol juara. Juara 3 mendapat Rp10 juta, piala tetap dan tonggol juara. Juara 4 mendapat Rp8 juta plus tonggol juara. Dan juara 5 berhak atas uang tunai sebesar Rp6 juta.

Sedangkan juara 6 berhak atas uang senilai Rp5 juta plus tonggol juara. Juara 7 mendapat uang pembinaan sebesar Rp4 juta plus tonggol juara. Juara 8 berhak atas uang Rp3 juta dan tonggol juara. Juara 9 mendapat uang pembinaan Rp2 juta plus tonggol juara. Sedankan juara 10 hanya mendapat Rp1 juta plus tonggol juara.

"Hadiahnya besar. Total berkisar Rp75 juta. Bisa saja nanti dalam pelaksanaannya hadiahnya bertambah karena setiap pacu di Pangean akan selalu ada bonus yang diterima jalur-jalur yang menang," ujar Ketua Panitia Pacu Jalur Pangean, Serda Syakarni kepada wartawan, Rabu (20/6) kemarin.

Helat pacu jalur di Pangean ini, katanya, bakal dirancangnya meriah dan semarak. Karena pihaknya merancang pacu jalur akan ada siarang langsung atau live streaming  Sehingga bisa diakses oleh siapapun dan dimanapun. "Nanti hilir demi hilir akan live. Ini yang juga sedang kita persiapkan. Bagi jalur yang belum mendaftar, silahkan mendaftar," katanya 

Pacu jalur yang rutin dilaksanakan di Kecamatan Pangean setiap tahunnya ini dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan HUT RI 2018. Ditaja Pemerintah Kecamatan Pangean yang bekerjasama dengan Pemerintahan Desa dan organisasi pemuda dan pelajar se-Pangean.

"Persiapan terus dilaksanakan. Pacu jalur yang awalnya akan digelar 5 hingga 7, Kamis hingga Sabtu. Itu diundur. Menjadi 6 hingga 8 Juli. Pembukaannya Jumat. Berakhir Minggu. Ini hasil rapat panitia kemarin," ujar Camat Pangean Mahviyen Trikon Putra SE kepada wartawan di Pangean, belum lama ini.

Jadwal pacu jalur ini, katanya, sengaja diundur. Hal ini mengingat pelaksanaan hari final yang diusulkan dilangsungkan Ahad. Sehingga masyarakat Pangean di perantauan dan masyarakat lainnya bisa menyaksikan jalannya putaran final pacu jalur dalam rangka memperebutkan Piala Bergilir Bupati Kuansing.

"Kenapa kita undur ke hari Jumat, Sabtu dan Minggu? Karena supaya ramai. Kan hari libur. Makanya, kami ingin memperkenalkan tradisi pacu jalur ini kepada masyarakat agar penonton darimanapun bisa menikmati," katanya.(cil)