KPK Ingatkan Bupati dan Anggota DPRD Penuhi Panggilan Penyidik


riaupotenza.com
Amril Mukminin Bupati Bengkalis, saat diwawancarai wartawan terkait dugaan korupsi jalan di Brimob Polda Riau.

PEKANBARU (RPZ) - Komisi Pemberantasan Korupsi mengingatkan Bupati Bengkalis, Amril Mukminin dan para anggota DPRD Bengkalis memenuhi panggilan penyidik KPK untuk diperiksa sebagai saksi terkait penyidikan kasus dugaan korupsi proyek peningkatan Jalan Batu Panjang - Pangkalan Nyirih yang didanai APBD 2013-2019.

‘’Sesuai dengan kebutuhan penyidikan, KPK mengagendakan pemeriksaan kepala daerah dan anggota DPRD Bengkalis untuk menggali proses pembahasan anggaran di DPRD. Kami ingatkan, agar para saksi yang dipanggil, datang dan memenuhi kewajiban hukum tersebut,’’ kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

Sebelumnya diberitakan, Bupati Bengkalis, Amril Mukminin diperiksa penyidik KPK di gedung utama Mako Brimobda Polda Riau, sejak Kamis pagi. Selain Amril, juga diperiksa sejumlah saksi lainnya.

Menjelang shalat Zuhur, pemeriksaan dihentikan sementara. Amril Mukminin terlihat ke luar dari gedung menuju masjid yang berada dalam komplek Mako Brimobda Polda Riau.

Kepada wartawan, Amril mengaku diajukan sejumlah pertanyaan oleh penyidik. Pertanyaannya seputar proyek hingga asal-usul uang Rp1,9 miliar yang sempat disita KPK saat penggeledahan di Bengkalis, beberapa hari lalu.

‘’Pemeriksaan materi. Dimintai keterangannya, ada beberapa pertanyaan tadi,’’ sebutnya sambil berjalan menuju masjid di komplek Mako Brimobda Polda Riau, Kamis siang.

Amril tak menampik, jika KPK juga menanyakan perihal asal-usul uang Rp1,9 miliar yang disita dari rumah dinasnya. ‘’Itu ada tadi beberapa pertanyaan (soal aliran dana yang diduga dari perusahaan, red),’’ sebut Amril Mukminin.

Selain itu, penyidik KPK juga menanyakan tentang proyek jalan di Rupat. ‘’Ada tadi ditanyakan, saya nggak tahu, waktu itu saya jadi anggota dewan. Kita jelaskan saja,’’ kata dia.

Selain Amril Mukminin, pemeriksaan dalam status sebagai saksi juga dilakukan terhadap tiga orang dari Dinas PU Kabupaten Bengkalis.=grc