Semua Hak Guru Sudah Disalurkan


riaupotenza.com
Kadisdik Rohil H Wan Rusli Syarife saat pengukuhan pengurus forum komite sekolah, beberapa waktu lalu.

BAGANSIAPIAPI (RPZ) - Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Rohil HM Wan Rusli Syarief mengatakan, Pemkab Rohil melalui Disdikbud Rohil telah melunasi seluruh hak para guru dan pegawai negeri sipil, guru dan pegawai honor daerah sekolah negeri serta guru dan pegawai honor sekolah swasta se Rohil. 

Seluruh hak para guru tersebut, kata HM Wan Rusli Syarief, sudah dilunasi sebelum Idul Fitri 1439 H/2018. 

Seluruh hak para guru yang sudah dibayarkan itu, sebut H Wan Rusli Syaief, terdiri dari gaji, tunjangan, dana serifikasi guru, gaji guru dan pegawai honor sekolah negeri dan uang transportasi bagi para guru dan pegawai honor sekolah swasta. Termasuk yang ada di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) di Kabupaten Rohil. Seperti di Madrasah Diniyah Takmaliah (MDTA),Taman Pengajian Quran (TPQ) dan Raudhatul Anfal (RA). 

“Guru dan pegawai honor swasta ini berjumlah lebih kurang 5.406 orang. Setiap guru sekolah swasta yang telah menandatangani kontrak dan mengantongi SK Bupati mendapat uang transport sebesaran Rp200 ribu bulan. Khusus guru di bawah Kemenag disalurkan melalui Kemenag Rohil. Sementara sekolah negeri disalurkan melalui Koordinator Wilayah (Korwil) Disdikbud se Rohil,” kata Kadisdikbud Rohil HM Rusli Syarief SSos, Sabtu (9/6).

Sedangkan kewajiban Pemda Rohil kepada para guru dan pegawai swasta, sebut Wan Rusli, seperti pembayaran jasa transportasi kepada para guru dan pegawai honor madrasah di lingkungan Kemenag, sudah diserahkan melaui Kemenag, Jumat (8/6). 

“Uang transport yang kami serahkan kepada Kemenag Rohil sebesar Rp3,351 miliyar. Uang Rp3,351 miliar itu untuk pembayaran uang transportasi selama 5 bulan, terhitung Januari-Mei 2018,” tambah Wan Rusli Syarief.

Sementara gaji guru dan pegawai yang berstatus pegawai negeri sipil, yang jumlahnya mencapai lebih dari 3 ribu orang, sebut Wan Rusli Syarief, gaji untuk bulan Mei 2018 sudah dibayarkan. Dan gaji bulan-bulan sebelumnya sudah pula dilunasi dan dibayarkan. 

“Selain gaji, guru pegawai negeri juga sudah menerima pembayaran uang sertifikasi guru, tunjangan daerah, tunjangan penghasilan, tunjangan hari raya, tunjangan daerah terpencil,” pungkas Wan Rusli Syarif.amr