Nasib Tragis Pasukan Kuning 

THR Tak Ada, Lebaran pun Tetap Kerja


riaupotenza.com

KOTA (RPZ) - Ratusan Tenaga Harian Lepas (THL) Petugas Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru memiliki nasib yang benar-benar miris. Pasalnya tahun ini, saat Lebaran akan tiba mereka dipastikan tidak akan dapat Tunjangan Hari Raya (THR).

Kepala DLHK Pekanbaru, Zulfikri, menyebutkan pihaknya sebelumnya sudah menganggarkan sekitar Rp 436 juta dari APBD untuk THR para pasukan kuning. Namun demikian, akibat aturan dari Kementerian Dalam Negeri, THR untuk petugas kebersihan terpaksa dihapuskan.

“Secara pribadi saya belum melihat bagaimana teknis dan nomor surat aturan dari Kemendagri itu. Kami cuma dapat intruksi dari Sekdako Pekanbaru,” kata Zukfikri.

Ia menjelaskan, kebijakan pembayaran THR untuk THL yang diserahkan kepada kebijakan kepala OPD, dinilai cukup berat untuk satkernya. 

“Jumlah THL di DLHK ini sangat banyak, ratusan orang. Ada petugas kebersihan dan beberapa petugas lainnya. Jadi sulit untuk mencarikan anggaran THR untuk mereka. Kalau 15-20 orang mungkin para ASN di sini bisa sumbang-menyumbang menutupinya,” kata Zulfikri.

Zulfikri mengatakan, dirinya miris melihat nasib para anggotanya. “Ini mereka orang lapangan, menjamin kebersihan di Kota Pekanbaru. Apresiasi untuk mereka kami rasa perlu juga,” tambahnya.

Namun demikian, Zukfikri memastikan para petugas kebersihan akan tetap bertugas saat lebaran. “Itulah tambah kasihan kita, mereka akan tetap bertugas pada hari lebaran. Yang muslim dipersilahkan cuma shalat Ied saja, dan kalau nonmuslim tetap bekerja seperti biasa,” jelasnya. 

Sementara itu salah seorang petugas kebersihan, Riski (34) mengaku sangat sedih karena adanta penghapusan anggaran THR. 

“Kacaulah, cuti tak ado, THR kosong pula. Masih mending tahun lalu, ada kami dikumpulkan di halaman kantor walikota, dapat juga sembako dan kue-kue. Sekarang, kosong belum ada informasi lain,” keluhnya. (lex)