Basarnas Patroli Hingga ke Selat Malaka


DUMAI (RPZ) - Menjelang puncak arus mudik yang diperkirakan akan berlangsung mulai Sabtu (9/6) lusa, Badan Sar Nasiona (Basarnas) Pekanbaru wilayah kerja Kota Dumai terus melakukan patroli disepanjang laut Dumai hingga selat Malaka, Malaysia untuk memantau kondisi jalur lalu lintas laut agar dapat melakukan reaksi cepat jika terjadi kecelakaan di laut.

Hampir setiap hari Basarnas melakukan pengecekan dan olah gerak disepanjang laut Dumai hingga selat Malaka baik menggunakan kapal induk maupun kapal Ret.

Kapten Kapal Basarnas Pekanbaru wilayah kerja Dumai kepada wartawan, Kamis (7/6) mengatakan pihaknya terus melakukan patroli gerak guna memastikan kondisi lalulintas laut Dumai aman.

“Setiap hari kita melakukan olah gerak menggunakan kapal Ret di laut Dumai untuk memantau lalulintas laut. Selain itu kita juga terus melakukan patroli dan stanby di pelabuhan penumpang dan roro,” ujar Leni.

Dikatakannya untuk beberapa hari ini kondisi laut Dumai sangat bersahabat dan sangat bagus untuk pelayaran dan kita harap dengan kondisi cuaca seperti ini tidak ada kecelakaan lalulintas laut du Kota Dumai ini. Kita akan terus melakukan pemantauan perkembangan cuaca khususnya untuk wilayah Dumai.

“Kita mengimbau kepada Kapten maupun nakhoda kapal untuk memperhatikan dan mengutamakan safty terutama tidak membawa penumpang secara berlebihan dan harus seauai dengan kapasitas yang ada,” pungkasnya. pm