Cari Solusi Lewat BOSDA!

Pjs Bupati Inhil Prihatin Soal Gaji Guru Honor


riaupotenza.com
BERIKAN ARAHAN-Pjs Bupati Inhil, H Rudyanto SH MSi memberikan arahan didampingi Plh Kadisdik Riau serta jajaran kepsek dan pengawas SMA dan SMK se-Inhil dalam acara buka pausa bersama.

TEMBILAHAN (RPZ) - Sejak peralihan kewenangan SMA/SMK sederajat dari pemerintah kabupaten/kota menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov), Pemprov Riau harus memberi perhatian khusus terhadap kesejahteraan guru honorer di Riau, terutama di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).
 
Demikian disampaikan Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Inhil, H Rudyanto SH MSi yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Riau saat memberikan sambutan dalam acara buka bersama dan Safari Ramadan bersama jajaran Disdik Riau dan seluruh kepala sekolah, guru SMA dan SMK se-Inhil di aula SMKN 1 Tembilahan, Selasa (5/6).
 
Diakuinya, saat ini masih banyak gaji guru honorer dibawah standar Upah Minimum Regional (UMR), bahkan bisa dikatakan tidak layak.
 
‘’Gaji guru kita saat ini sangat memprihatinkan. Jauh dibawah Upah Minimum Riau (UMR), bahkan ada yang menerima gaji hanya Rp300 ribu sampai Rp800 ribu. Saya tahu karena saya juga dipercaya sebagai Kadisdik Riau. Dengan mendapat amanah menjadi Pjs Bupati Inhil, saya jadi tahu betul permasalahan yang ada di sini. Dan ini akan menjadi prioritas saya  untuk menyelesaikannya secepatnya,’’ ujar Rudyanto.
 
Rudyanto menjabarkan, kondisi itu menjadi perhatian Pemprov Riau dan Pemkab Inhil. Dimana tahun ini Pemprov Riau komitmen memberikan perhatian persoalan tersebut agar guru-guru di Riau terutama di Inhil bisa sejahtera dan lebih baik. 
 
Untuk memperjuangkan nasib ribuan guru di Riau apalagi di Inhil, lanjut Rudyanto, Disdik Riau akan mengalihkan 60 persen dana Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) untuk kesejahteraan guru, selebihnya untuk operasional sekolah. 
 
‘’Pak Gubernur Riau sudah minta kita untuk menggodok peraturan gubernurnya sebagai acuan kita untuk menyalurkan BOSDA untuk gaji guru honorer. Minimal kedepan gaji guru bisa mendekati UMR,” bebernya.yan/fan