Forkopimda Inhu Musnahkan Ratusan Miras dan Petasan


riaupotenza.com
PEMUSNAHAN MIRAS-Forkopimda Inhu musnahkan ratusan Miras dan petasan.

RENGAT (RPZ) - Usai menggelar Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Muara Takus Tahun 2018, Forum Koordinasi Pumpinan Daerah  (Forkopimda) Inhu melakukan pemusnahan hasil sitaan Barang bukti (BB) berupa ratusan minuman keras (Miras) serta petasan, Rabu (6/6) pagi di halaman kantor DPRD Indragiri Hulu.
 
Hadir Bupati Inhu, H Yopi Arianto SE, Ketua DPRD Inhu Miswanto, Kapolres Inhu AKBP Dasmin Ginting, Ketua Pengadilan Negeri Darma Indo Damanik, Kasi Intel Jaksa Inhu Wisnu Nugroho, Plt Setda Inhu Ir Hendrizal MSi, Kasdim 0302 Inhu S Nababan, Assisten Pemkab Inhu, Kepala Bagian, Kepala Dinas, Kepala Kantor, OPD, para Kabag Polres Inhu, Kasat, kapolsek, perwira, Camat, Satpol PP, Dishub, petugas kesehatan, anak pramuka dan undangan lainnya. 
 
‘’Melalui pemusnahan ini kita harapkan menjadi pesan kepada masyarakat bahwa kita akan lebih baik kedepannya tanpa miras. Karena miras ini juga salah satu pintu timbulnya kejahatan kejahatan yang terjadi di tengah masyarakat,’’ ujar Kapolres Inhu AKBP Dasmin Ginting.
 
Dasmin menegaskan, pihaknya siap memerangi bersama supaya Kabupaten Inhu bisa bebas dari miras. ‘’Kami minta seluruh elemen berperan aktif. Agar kedepannya Kabupaten ini bisa lebih baik dalam mencapai kesetaraan,” ungkapnya.
 
Sementara itu, Bupati Inhu, H Yopi Arianto mengatakan giat apel pasukan Ops Ketupat Muara Takus Tahun 2018 ini baru pertama kali dilakukan dan menjadi sejarah.
 
‘’Kami memberikan apresiasi kepada Polres dan juga ketua DPRD yang hari ini telah menyediakan tempat di depan kantor DPR salah satunya dalam pemusnahan miras maupun alat-alat peraga yang tidak kita sukai semua. Ini juga baru pertama kali jumlah dilaksanakan di 2018, sekali lagi mohon memberikan apresiasi kepada Ketua DPRD. Saya sangat setuju sekali kenapa dilaksanakan di halaman depan kantor DPR,” ucap Yopi.
 
Apresiasi itu diberikan bukan tanpa alasan. Sebab menurut Yopi, DPR adalah wakil masyarakat. Karena DPR memiliki rakyat Indragiri Hulu yang tentunya mereka nanti akan mewakili Bagaimana memberantas dan tidak diperbolehkan lagi mecoba minuman-minuman keras.
 
“Alhamdulillah, tahun ini berkurang dibandingkan tahun sebelumnya. Berarti masyarakat sudah berkurang minuman keras lebih banyak minum air putih yang tidak menggigit lidah,” katanya. 
 
Dipihak lain, Ketua DPRD Inhu Miswanto menjelaskan mudah-mudahan masyarakat tentunya lebih sehat lebih nyaman dan kerja lebih sejahtera. Senada, Ketua PN Negri Darma Indo Damanik juga menyampaikan ini merupakan hari bersejarah dalam melaksanakan pemusnahan barang bukti miras dan beberapa petasan.
 
Terakhir ditambahkan Kajari diwakili Kasi Intelijen Jaks Inhu Nugroho Wisnu Pujuyono, bahwa miras ini adalah musuh bersama.
 
‘’Untuk itu kedepannya kita harus sama-sama mengingatkan dari lingkungan terkecil terutama keluarga kita bahwa miras ini jangan sampai lagi memakan korban apalagi Oplosan ini sudah banyak terjadi Dan ini menjadi isu yang sangat nasional mungkin pesan dari  saya ke depannya,’’ bebernya.and