Lipun Soroti Jadwal Keberangkatan Ro-Ro yang Semakin tak Tertib


riaupotenza.com
RO-RO : Jadwal keberangkatan Ro-Ro semakin tidak tertib, dikarenakan armada Ro-Ro yang minim.(sukardi)

BENGKALIS (RPZ) —Badan Anti Korupsi Lembaga Investigasi dan Penyelematan Uang Negara (BAK Lipun) Bengkalis sayangkan jadwal pelayanan penyeberangan atau Roro tujuan dari dan ke Air Putih (Pulau Bengkalis)-Sungai Selari (Pakning) tidak jelas dan terkesan asal-asalan. 

Oleh karena jadwal yang disampaikan tersebut tidak jelas kebenarannya, Dinas Perhubungan (Dishub) dituding lakukan pembohongan publik.

Hal ini dikatakan Ketua BAK Lipun Bengkalis Abdul Rahman Siregar, Rabu (6/6/2018) Menurut Rahman, seharusnya Dishub mempertanggungjawabkan jadwal yang telah ditetapkan. Akan tetapi, jadwal yang sudah di publikasi tidak sesuai dengan fakta yang ada di lapangan.

"Kita menilai jadwal yang sudah dikeluarkan Dishub itu bohong, kenyataannya tidak seperti itu, dua trip jadi satu trip," ujarnya.

Akibat jadwal 'bohong' itu, masyarakat tidak mendapatkan pelayanan maksimal. Dan seharusnya Dishub melaksanakan tugas berdasarkan Standar Pelayanan Umum (SPU).

"Kalau kapalnya membandel diberikan teguran, jika perlu sanksi, agar pelayanan maksimum bisa dicapai," katanya lagi.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bengkalis Djoko Edy Imhar kepada sejumlah media mengatakan,  Jika kesepakatannya tidak berubah. Dalam rencana kerja angkutan lebaran atau Idul Fitri 2018. Sebanyak 2 armada Roll on-Roll Off (Ro-Ro) di pelabuhan penyeberangan Bengkalis-Sei.Pakning disiapkan. Sehingga nantinya, akan ada enam armada Ro-Ro yang melayani arus mudik lebaran.

“Rencana kerja angkutan lebaran, jika tidak ada perubahan, akan ada tambahan 2  unit kapal ro-ro, dan hari ini memang kita akui telat, karena armada ro-ro kita satu unit diperbantukan di pelabuhan Rupat, sisa tiga kapal melaksanakan docking, dan saya berharap pada arus
mudik yang ramai nantinya kondisi kapal sudah fit,”kata Djoko.

Ia juga menambahkan, kepada perusahaan pelayaran agar semua kapal Ro-Ro yang docking supaya baik kondisinya saat lebaran nanti,  Dishub Bengkalis juga sudah menyampaikan sejumlah masukan kepada pihak Kementerian. Ketika melakukan kunjungan ke Surabaya, Dishub berharap, pelayanan RO-RO Bengkalis bisa maksimal seperti pelayanan pengguna pesawat terbang. Begitu penumpang turun, kondisi pesawat langsung bersih.(pmc)