Masyarakat Cetak KTP Meningkat 


riaupotenza.com
REKAM DATA - Warga memadati ruangan rekam data untuk pembuatan e-KTP di kantor UPT Dukcapil Mandau- Bathin Solapan, Senin (4/6).

DURI (RPZ) - Pengurusan administrasi kependudukan di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Mandau dan Bathin Solapan terus mengalami peningkatan.

Jika sebelumnya hanya sekitar 100 orang hingga 150 orang. Saat ini mencapai 200 orang lebih setiap hari yang melakukan pengurusan administrasi kependudukan.

“Sebelumnya jumlah warga yang mengurus administrasi paling sekitar 100 sampai 150 orang. Namun dalam sebulan terakhir ini meningkat tajam hingga dua kali lipat,” kata Kepala UPT Dukcapil Dra Mandau Bathin Solapan Dra Irdawaty kepada Posmetro Mandau, Senin (4/6/2018).

Diakui Irdawaty, kondisi seperti ini sering terjadi saat memasuki tahun ajaran baru. Terutama bagi lulusan SLTA yang akan melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi. Tak heran jika ruangan rekap data terlihat penuh sesak.

“Pelayanan prima tetap kita lakukan. Terutama bagi pemula untuk memenuhi kebutuhan KTP dalam melanjutkan pendidikan dan juga untuk mencari lapangan pekerjaan. Sehingga pegawai harus ekstra jam kerja. Walau saat bulan Ramadan”, kata Irdawaty lagi.

Irdawaty menambahkan bahwa kondisi kantor baru dinilai sangat ideal dengan tingginya jumlah warga yang datang mengurus administrasi kependudukan berupa KPT, KK dan juga Akte Kelahiran. Karena melayani warga dari 2 kecamatan yaitu Kecamatan Mandau dan Bathin Solapan.

Menyinggung soal cetak KTP di UPT Dukcapil Mandau/ Bathin Solapan Irdawaty mengakui belum bisa lagi.

“Memang sesuai dengan program Pemkab Bengkalis bahwa seluruh UPT Dukcapil akan diserahi wewenang untuk mencetak KTP. Sehingga tidak perlu ke Bengkalis. Namun setakat ini hal itu belum diterapkan menunggu sarana pendukung,” pungkasnya. pmf