Satpol PP Sapu Bersih Belasan Iklan Rokok


riaupotenza.com
Belasan iklan rokok yang di pasang di tiang listrik di Pangkalan Kerinci menjadi sasaran penertiban personal Satpol PP dan Damkar Pelalawan

PANGKALANKERINCI (RPZ) - Iklan produk rokok yang bertebaran di Pangkalan Kerinci menjadi sasaran penertiban puluhan personil Satpol PP dan Damkar Pelalawan. Bukan tanpa sebab, Satpol PP beraksi sapu bersih, alat promo rokok ini sengaja di pasang di lokasi terlarang. Selain itu, kegiatan penurunan paksa iklan rokok juga mendukung  Pangkalan Kerinci sebagai Kota Layak Anak (KLA). 
    
''Pertama, memang iklan rokok itu di pasang di titik terlarang. Seperti di tiang listrik. Ini sangat berbahaya, jika tiang listrik tumbang bisa menyebabkan kecelakaan baginya orang juga terganggunya jaringan listrik itu sendiri,''kata Kasat Pol PP dan Damkar Pelalawan H Abu Bakar Fisda Eli, S.Sos, M.Ap didampingi Kasi Penertiban Sofyan, SH, MH, Senin (4/6).
     
Selain itu sambung dia, kegiatan penurunan paksa iklan rokok yang di pasang di sembarangan tempat juga dalam rangka mendukung ibu kota Kabupaten Pelalawan, Pangkalan Kerinci sebagai Kota Layak Anak (KLA). 
     
''Dalam waktu dekat tim penilaian KLA akan turun dan melakukan penilaian. Jadi, penertiban ini juga sebagai upaya kita mendukung agar positifnya penilaian kota kita ini sebagai KLA,''bebernya. 
    
Terkait penertiban alat promosi produk rokok lanjut Sofyan, puluhan personil Satpol PP dan Damkar Pelalawan melakukan pembersihan di sepanjang Jalan Lintas Timur Pangkalan Kerinci. 
     
'' Memang gawat dan berbahaya, mereka pasang di tiang listrik,''ujarnya kesal sambil menyebut penertiban dimulai pukul 09.30 WIB kemarin. 
    
''Penertiban dan menurunkan paksa belasan iklan rokok yang terpasang di tiang listrik sudah beberapa kali dilakukan dan ini untuk yang ke sekian kalinya, karena pemasangan tanpa koordinasi dan rekomendasi kita,''ungkapnya. 
   
Tentunya hal ini, lanjutkan Sofyan sudah menyalahi aturan karena dipasang ditempat terlarang dan juga bisa berakibat tiang listrik akan tumbang. 
    
''Himbauan kepada pengusaha rokok beserta mitranya agar tidak lagi memasang iklan rokok di tempat yang tidak diperbolehkan atau dilarang dan koordinasikan ke instansi terkait segera,  jika tidak diindahkan himbauan ini,  Satpol PP dan Damkar kembali akan menurunkan paksa iklan rokok tersebut,''tegasnya. 
     
''Pada intinya kepada pengusaha rokok bersama mitranya yang memasang iklan rokok tersebut jangan asal pasang saja iklan rokok itu,  harus ada rekomendasi pemasangan dari pihak terkait  dimana titik-titik yg diperbolehkan untuk pemasangan iklan rokok tersebut, dan juga hal ini kami lakukan terkait, ''terang Kasat Pol PP dan Damkar Pelalawan lagi. 
     
Ada belasan iklan rokok yang diturunkan paksa karena berada di tiang listrik dan beberapa spanduk yang sudah rusak dan juga sudah berakhir waktunya turut  ditertibkan dan amankan ke Mako Satpol PP dan Damkar Pelalawan.amr