Lampu Colok Kearifan Lokal yang Harus Dijaga


riaupotenza.com
Bupati Bengkalis Amril Mukminin dan Wakil Bupati Bengkalis Ir. Muhammad saat menghadiri acara pembukaan Festival Lampu Colok dan Kenduri Melayu pada Ramadan 1438 Hijiah / Tahun 2017 lalu.(foto.dok)

BENGKALIS (RPZ) — Salah satu upaya promosi pariwisata di Kabupaten Bengkalis yaitu Festival lampu colok dan kenduri Melayu. Festival ini menjadi agenda tahunan pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Bengkalis.

Kegiatan Lampu Colok ini meramaikan dan memeriahkan menyambut tibanya hari raya Idul Fitri. Biasanya, Lampu colok dilaksanakan pada malam ke-27. Lampu colok ini menjadi salah satu kearifan lokal Kabupaten Bengkalis.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Bengkalis Ir. H. T.S. Ilyas melalui Sekretaris Disparbudpora Kabupaten Bengkalis Drs. Nurminsyah, M.Pd, Senin (4/6/2018).

Ia mengatakan, pelestarian lampu colok dan kenduri Melayu ini sangat penting, karena selain merupakan tradisi masyarakat yang dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk syiar Islam. Banyak hikmah maupun tunjuk ajar kehidupan yang dapat dipetik di dalamnya.

Dikatakannya, hikmah dan tunjuk ajar dimaksud diantaranya dapat menumbuhkembangkan serta mempererat semangat persaudaraan, kekompakan, kepedulian, serta gotong royong di kalangan masyarakat, dan pemuda.

Selama ini terlihat sambungnya, semangat itu kian tergerus dampak globalisasi dan modernisasi yang memang lebih banyak mengajarkan pola hidup individualistis. Selain itu, perlu dilestarikannya tradisi yang sudah berlangsung sejak zaman berzaman,dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Karena, kearifan lokal ini memiliki kekhasan tersendiri. "Keunikan yang bukan saja membuat warga Kabupaten Bengkalis di perantauan rindu untuk pulang ke kampung halaman, tetapi juga dapat menarik wisatawan berkunjung ke daerah kita, tahun ini Festival lampu colok dan kenduri Melayu bulan Ramadan 1439 Hijriah/2018 Masehi akan dibuka resmi di  Desa Meskom," ungkapnya.(pmc)