Waspada! Harimau Berkeliaran


riaupotenza.com

RENGAT (RPZ) - Informasi adanya Harimau Sumatera yang berkeliaran di lokasi perkebunan, tepatnya areal kebun PT PAS di Desa Pematang Jaya, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) membuat warga merasa khawatir, takut dan waspada serta lebih berhati hati dalam  melakukan aktivitas sehari-hari. 

Menyikapi kekhawatiran itu, anggota BKSDA sebanyak 6 personel, bhabinkamtibmas 2 personel, babinsa 1 personel bersama masyarakat mendatangai Desa Lembah Dusun Gading, Kecamatan Pasir Penyu, tepatnya di PT SEKO INDAH. Alhasil, benar adanya harimau yang dibuktikan dengan ditemukannya jejak tapak besar.

“Info yang beredar di masyarakat Desa Pematang Jaya ini dari salah satu karyawan PT PAS Syahrial, Jab Danru Satpam, bahwa Rabu kemarin sekitar pukull 11.00 WIB berdasarkan info dari supir PT SEKO bernama Apek mengatakan bahwa ada orang yang sedang bekerja di kebun dalam beberapa hari ini melihat seekor Harimau berkeliaran di kebun PT SEKO di Desa Sialang Jaya,” ujar Kapolres Inhu, AKBP Dasmin Ginting. 

AKBP Dasmin menjabarkan, saat ini beberapa upaya dan langkah-langkah sudah dilakukan dengan BKSDA. Bahkan, sosialisasikan kepada masyarakat agar tetap waspada telah disampaikan terkait kebenaran adanya harimau yang ditunjukkan dengan ditemukannya telapak kaki besar seperti kaki harimau. 

“Terus berkoordinasi dengan BKSDA, Pemda untuk membuat dan menyampaikan himbauan langkah antisipatif kepada masyarakat, bersama juga dengan BKSDA untuk menyusun rencana pelaksanaan evakuasi Harimau tersebut,” terang AKBP Dasmin.

Memang sampai saat ini  belum ada hewan ternak atau masyarakat yang menjadi korban. Namun, Polri dan BKSDA bersama-sama masyarakat akan tetap terus memantau situasi dan kondisi tersebut serta melaporkan setiap perkembanganya, papar Kapolres. pm