Pemko Dumai Gelar Peringati Nuzul Quran 1439 H dan Buka Puasa Bersama


riaupotenza.com
Walikota Dumai H Zulkifli AS secara simbolis menyerahkan bantuan honor buat Imam dan Gharim Masjid/Musholla jelang hari Raya Idul Fitri diacara Peringatan Nuzul Quran yang ditaja Pemko Dumai.

DUMAI (RPZ)-- Pemerintah Kota Dumai melalui Bagian Administrasi dan Kesra Pemko Dumai sore kemarin menggelar kegiatan peringatan Nuzulul quran 1439 H/2018 M. Peringatan Nuzul quran yang ditaja Pemko Dumai di halaman Masjid Habiburrahman jalan HR Subrantas Dumai ini dihadiri langsung oleh Walikota Dumai H Zulkifli AS bersama Wakil Wali Kota Dumai Eko Suharjo.

Turut hadir  Sekretaris Daerah Kota Dumai H M Nasir MP, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Dumai Hj Haslinar Zul AS, Ketua GOW Kota Dumai Dewi Tunjung Sari Suharjo, Kabag Adm dan Kesra Pemko Dumai, sejumlah kepala OPD serta Camat dan lurah serta  unsur pimpinana Forkopimda Kota Dumai dan undangan baik dari para Imam, Gharim, Guru TPQ serta MDA. Sedangkan untuk penceramah diisi oleh Ustadz Devrizal Lubis dari kota Medan.

Walikota Dumai H Zulkifli AS dalam kesempatan tersebut, mengajak untuk merenungkan kembali hikmah peristiwa Nuzulul Quran. Katanya, bagi kaum Muslimin, Al-Quran adalah kumpulan wahyu Allah SWT yang disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW untuk dijadikan sebagai “petunjuk”, “penjelasan”, dan sekaligus “pembeda” bagi umat manusia.
 
Dikatakan sebagai “petunjuk”, karena fungsi Al-Quran adalah menunjukkan kepada manusia, jalan untuk memahami hakikat hidup menuju kearah yang benar. Dikatakan sebagai “penjelasan” karena kitab itu menjelaskan hampir seluruh aspek kehidupan manusia, alam semesta, alam ghaib dan kehidupan di hari akhirat kelak. Dikatakan pula sebagai “pembeda”, karena Al-Quran berisikan kaidah-kaidah akhlak yang membedakan mana perbuatan yang benar dan mana perbuatan yang salah, mana yang baik dan mana yang buruk.

'' Dalam peringatan Nuzulul Quran tahun ini juga saya menghimbau kepada seluruh ummat islam, mari kita jadikan Al-Quran ini sebagai bacaan kita setiap hari, sehingga segenap rumah-rumah penduduk senantiasa dihiasi oleh lantunan ayat-ayat suci. Dengan demikian perlahan namun pasti kebiasaan ini berpengaruh pula pada diri pribadi generasi-generasi muda kita yang pada akhirnya dapat menciptakan generasi muda yang Qurani''pesannya.

Pemerintah mendukung, menggalakkan dan bahkan mempelopori segala usaha dalam menjadikan Quran sebagai Hudallinnas melalui berbagai program, baik sosial kemasyarakatan maupun program-program pendidikan, termasuk program Magrib Mengaji di Kota Dumai. Untuk itulah, dukungan dari seluruh lapisan masyarakat terhadap kesuksesan kinerja pemerintah merupakan hal yang sangat kami harapkan''harapnya.

Sebelum mengakhiri sambutan  Walikota Dumai Zulkifli AS mengajak segenap kaum Muslimin dan Muslimat Kota Dumai untuk senantiasa meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT dengan meningkatkan amal dan ibadah seperti puasa disiang hari dan qiyamullail dimalam harinya. '' Mudah-mudahan keutamaan dan keagungan ramadhan dapat kita raih bersama-sama. Kemudian melaui peringatan Nuzulul Quran tahun ini, mari kita tingkatkan apresiasi kita kepada Al-Quran, dengan segala pengajaran yang ada di dalamnya. Mari kita hiasi setiap sudut rumah kita dengan lantunan bacaan Al-Quran sehingga rahmat Allah tercurah kedalamnya''imbuhnya.

Pantauan dilapangan, sebelum dilaksanakan Tausiah oleh Ustadz Devrizal Lubis terlebih dahulu secara simbolis dilakukan penyerahan bantuan untuk Imam dan Gharim, diserahkan langsung oleh Walikota Dumai H Zulkifli AS, bersama Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo dan Forkopimda. Kemudian dilanjutkan buka bersama dan sholat berjamaah di Masjid habiburahman areal kantor Walikota lama, dan dilanjutkan makan malam bersama.(mdi)