Pembangunan Box Culvert Sengsarakan Warga


riaupotenza.com
Pengendara motor wajib mengurangi kecepatan kalau tidak ingin terjatuh di jalan rusak bekas pengerjaan box culvert di Jalan Pemda Pangkalan Kerinci Kota

PANGKALANKERINCI-Sejatinya, hasil pembangunan dapat memberikan kenyamanan kepada masyarakat. Tapi sebaliknya, pembangunan box culvert di dua titik di Jalan Pemda Kelurahan Pangkalan Kerinci Kota Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan justru menyusahkan dan menyengsarakan masyarakat. Terutama, pengendara yang melintas di jalur tersebut.

    Bukan pembangunan box culvert yang salah. Tapi, bekas pengerjaan proyek untuk saluran air itu yang terabaikan. Badan jalan yang dibangun tempat melintas air itu rusak dan bergelombang hingga semua pengendara harus ekstra hati-hati agar tidak terjatuh.

    ''Yang berlobang tak ditimbun ya?

Pertanyakan pengawasan dinas PU terhadap pekerjaan kontraktor,''kata Wakil Ketua Komisi I DPRD Pelalawan H Abdullah, S.Pd menjawab pertanyaan media ini, Ahad (3/6) terkait rusaknya badan Jalan Pemda tersebab bekas pembangunan boxculvert.

     '' Dinas PU mestinya sigap melihat persoalan. Jangan setelah dikomplain berkali-kali, baru bergerak,''ungkap politisi besutan PKS yang menyentil Dinas PUPR Pelalawan agar cepat merespon atau malah turun gunung mengecek kondisi jalan sebelum dikeluhkan masyarakat terutama yang ada di dalam kota ibu kota Kabupaten Pelalawan, Pangkalan Kerinci.

    ''Jalan banyak berlobang. Pekerjaan yang seharusnya untuk kemudahan masyarakat, malah susah dilalui,''sambung wakil rakyat yang dipastikan juga ikut merasakan kesulitan melintas di jalan tersebut karena menjadi rutenya pulang pergi ke kantor dan urusan lainnya.

    Malah Abdullah mengesankan dinas terkait seakan tidak peduli dengan kerusakan jalan yang ada dan lambat tanggap.

    ''Saya heran, yang bertanggung jawab dalam urusannya kok bisa seakan tak peduli?,''ujar anggota DPRD Pelalawan ini balik bertanya.

     Di Jalan Pemda Kelurahan Pangkalan Kerinci Kota Kecamatan Pangkalan Kerinci setidaknya ada dua titik pembangunan box culvert. Pertama berada tidak jauh dari tower Telkomsel dekat cucian mobil hanya berjarak 150 dengan Jalan Sejahtera.

    Sedangkan satu titik lainnya di ujung Jalan Pemda dekat BTN Lama, balasan meteran dari Kantor Baznas Pelalawan.

     Kondisi jalan rusak, bangunan box culvert meninggi dan ada cekungan dan berlobang. Bagi, pengendara motor yang ceroboh dan tergesa dipastikan mesin motornya akan beradu dengan bagian yang rusak. Begitu pula pengendara mobil yang tidak mengurangi kecepatan akan mengalami nasib yang sama.

      Kerusakan jalan bekas galian dan perbuatan saluran air untuk menghindari banjir ini sudah berlangsung cukup lama, tapi belum kunjung diperbaiki.

     Kadis PUPR Pelalawan Ir H Hasan Tua Tanjung, MH belum bisa di konfirmasi terkait kerusakan jalan Pemda tersebut.amr