Tunjangan PNS Meledak Meletup, THL Meranti Masih Gigit Jari


riaupotenza.com
Ilustrasi

SELATPANJANG(RPZ)-Berbahagialah ribuan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti, pasalnya pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) mereka akan digulirkan pada awal Juni 2018 mendatang. 

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Kepulauan Meranti, Bambang. 

Menurutnya pembayaran akan dilakukan sesuai dengan jadwal tersebut. Selain THR, mereka juga akan menerima gaji ke-13.

"THR sama porsinya dengan gaji ke-13. Namun beban tersebut khusus untuk PNS lingkungan Pemda Meranti. Untuk pensiunan itu porsi Pemerintah Pusat. Begitu juga untuk PNS yang dinaungi oleh Pemrov Riau, ya wewenangnya tentu Pemprov," ungkapnya.  

Selain gaji ke-13, Menurut bambang para PNS terkait juga akan menerima gaji ke 14 dengan rentang waktu pembayaran yang berbeda.

"Jadi nantinya, gaji ke-13 itu atau THR akan dibayarkan bersamaan dengan gaji bulan juni. Sementara gaji ke-14 akan dibayarkan sekitar bulan Juli nanti," terangnya. 

Untuk nasib 4.218 Tenaga Harian Lepas (THL) lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti tampaknya tak seindah nasib PNS. 

Jika PNS bisa panen tunjangan menjelang lebaran Idul Fitri tahun ini, nasib THL Kabupaten Kepulauan Meranti masih sama dengan tiga tahun berturut turut sebelumnya, yakni hanya menerima gaji pokok yang sudah dirasionalisasi sebesar 20 persen belum lama ini. 

"Iya mereka hanya terima gaji pokok saja," ungkapnya

Menurut Bambang, mereka mengaku memang tidak menganggarkan tunjangan THR bagi THL, karna terbentur dengan aturan yang mengikat. 

 

"Aturan itu yang tidak memungkinkan untuk dianggarkan tunjangan hari raya bagi seluruh tenaga THL tersebut. Seperti tahun lalu kita telah anggarkan, namun setelah dievaluasi nyatanya tidak bisa dibayarkan," ungkap bambang.(Wira)