Pemkab Meranti Bersama Baznas Salurkan Zakat Konsumtif Pada Farkir Miskin


riaupotenza.com
Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kepulauan Meranti menyalurkan Zakat Konsumtif kepada Farkir Miskin dan Kaum Dhuafa.

Meranti (RPZ) - - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kepulauan Meranti menyalurkan Zakat Konsumtif kepada Farkir Miskin dan Kaum Dhuafa ditiap Kecamatan Se-Kabupaten, penyaluran secara simbolis dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti Yulian Norwis SE MM bersama Ketua PKK Meranti Hj. Nirwana Irwan dan Jajaran Baznas, bertempat di Mushola Al-Barokah, Kantor Bupati Meranti, Senin (29/5/2018).

Turut hadir dalam acara itu, Ketua Baznas Meranti Sunarto, Asisten III Sekda Meranti yang juga pembina Baznas H. T. Akhrial, Kepala Dinas/Badan dilingkungan Pemkab.  Meranti, Al- Ustand Zainuddin, Kaum Dhuafa disekitar Kelurahan Selatpanjang Timur. 

Penyaluran Zakat Konsumtif Baznas Meranti, dikemas melalui acara Buka Bersama farkir miskin bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti.

Dalam penjelasannya, Ketua Baznas Meranti Sunarto menyampaikan pihaknya kembali akan menyalurkan Zakat Meranti Konsumtif Tahunan kepada Farkir Miskin, penyaluran Zakat Kunsumtif ini bukan saja dilakukan diwilayah Kecamatan Tebing Tinggi, tapi juga disembilan Kecamatan yang ada. Penyaluran ditiap Kecamatan akan dikelola oleh Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dimasing-masing Kecamatan.

"Untuk wilayah Tebing Tinggi tahun ini kita menyalurkan 100 bingkisan untuk Farkir Miskin, hal serupa juga akan diserahkan di Kecamatan lainnya oleh UPZ dimasing-masing Kecamatan," jelas Sunarto.

Penyerahan paket tahun ini diakui Sunarto, naik dua kali lipat dari tahun sebelumnya, jika sebelumnya diberikan untuk 50 orang saat ini diberikan untuk 100 orang.

"Semoga dengan bantuan ini dapat menjadi stimulus bagi masyarakat miskin untuk kedepan lebih mandiri dan jadi Muzaki (pemberi)," harap Ketua Baznas.

Pada kesempatan itu, Sunarto atas nama Baznas mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemkab. Meranti yang telah mempercayakan pengelolaan infaq dan sadaqoh kepada Baznas.

"Terima kasih atas dukungan Pemkab. Meranti, semoga tahun ini target Baznas 1.5 M dapat tercapai," ucap Sunarto.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti, Yulian Norwis SE MM, mengucapkan apresiasi kepada Baznas yang telah memfasilitasi penyaluran Zakat kepada Farkir Miskin, ia berharap bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi penerima. 

Tak lupa dalam mewujudkan kepedulian kepada kaum dhuafa, Sekretaris Daerah Yulian Norwis SE MM, menghimbau kepada masyarakat khususnya pegawai dilingkungan Pemkab. Meranti dapat berpartisipasi dalam berzakat yang akan disalurkan oleh Baznas. Penyaluran bantuan bukan saja untuk berupa uang dan paket tapi juga diperuntukan untuo membantu pelayanan kesehatan masyarakat kurang mampu dan beasiswa bagi pelajar dan siswa miskin. 

"Zakat merupakan bentuk partsisipasi umat muslim yang pandai bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah Allah, jadi mari kita perbanyak Zakat agar harta kita berkah dan bermanfaat bagi yang layak menerima," ujar Sekda. (Humas Pemkab. Meranti).