Rencana DLHK Meranti Adopsi Program Bank Sampah Rumah Zakat


riaupotenza.com

SELATPANJANG(RPZ)-Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Kepulauan Meranti mengapresiasi program sedekah yang dilaksanakan Rumah Zakat di Desa Banglas, Tebingtinggi Timur, Kabupaten Kepulauan Meranti.

Sangking terkesannya dengan program tersebut, Kadis DLHK Kabupaten Kepulauan Meranti Hendra Putra nyatakan rencanya untuk mengadopsi program tersebut. 

Selain itu program tersebut dinilai sangat efektif, terutama untuk memaksimalkan program bank sampah di dua kelurahan di Kecamatan Tebingtinggi diantaranya Selatpanjang Barat dan Selatan. 

Sehingga untuk menjalankan bank sampah nantinya kelurahan tidak perlu mengeluarkan modal awal.

"Programnya bagus. Sehingga kalau dalam program awal bank sampah, kita tidak perlu pakai modal dulu. Cukup dengan mengajak masyarakat menyumbangkan sampah-sampah ekonomis ke bank sampah," ujarnya

"Namun jika tidak dengan sedekah, bisa saja dicatat terlebih dahulu. Setelah terkumpul dan terjual, hasilnya baru dibagikan kepada para nasabah," tambah Hendra, kemarin.

Menurut Hendra, saat ini pada umumnya sampah produksi rumah tangga masih dibuang begitu saja. 

Bahkan kebanyakan sampah dibuang tidak pada tempatnya. Hal ini terjadi karena minimnya bak sampah dan tong sampah di Selatpanjang.

"Keberadaan bak sampah dan tong sampah masih sangat minim. Makanya saya berharap ada keberpihakan anggaran pada APBD nanti setidaknya untuk pengadaan  lima unit bak sampah dan tong sampah," harapnya.(Wira)