Tiga Pelaku Pencuri Sarang Walet Ditangkap


riaupotenza.com
Tiga tersangka bersama Barang Bukti (BB) saat di amankan di Polsek Sinaboi, Senin (21/5).

SINABOI (RPZ) - Berlokasi di Jalan Poros Sungai Lurus, Kepenghuluan Raja Bejamu, Polsek Sinaboi telah melakukan penangkapan terhadap tiga orang pelaku pencurian pemberatan (Curat) yang terjadi pada hari sabtu tanggal 19 Mei 2018 sekitar pukul 03.00 WIB lalu. Penangkapan tersebut, Senin (21/5) lalu.

Dasar penangkapan, sesuai dengan LP/20/V/2018/RIAU/RES ROHIL/ SEKTOR SINABOI Tanggal 19 Mei 2018. Adapun ruko walet yang di curi oleh tiga tersangka ini adalah milik Toni Chaidir (Acai), yang terletak di Jalan Poros Sungai Lurus, Raja Bejamu, Kecamatan Sinaboi. 

“Kronologi kejadian, pada hari Sabtu tanggal 19 Mei 2018 sekitar pukul 02.00 WIB saksi Rambe menghubungi pelapor saudara Toni Chaidir menggunakan handphone,” kata Kapolsek Sinaboi AKP Ruslan melalui Kanit Reskrim Polsek Sinaboi Aiptu Marwindo, Kamis (24/5) di Sinaboi.

Lanjut Marwindo, Rambe mengatakan kepada pelapor, bahwa di ruko walet miliknya yang dijaga oleh saksi Rambe ada beberapa orang yang mencoba untuk masuk dengan cara membobol dinding ruko walet.

Selanjutnya Rambe, menyuruh pelapor datang ke ruko walet tersbut berhubung saksi tersebut sendiri dan tidak berani untuk keluar. “Kemudian pelapor langsung mendatangi ruko walet miliknya dan sesampainya di ruko walet tersebut, kemudian pelapor menjumpai pelaku dan pelaku langsung melarikan diri,” papar Marwindo.

Selanjutnya pelapor menemukan satu buah tas warna hitam yang didalamnya berisikan alat alat untuk melakukan pencurian tersebut. Atas kejadian tsb pelapor mengalami kerugian sebesar Rp. 5.000.000. Selanjutnya melaporkan kejadian tersebut kepada ke Polsek Sinaboi untuk pengusutan lebih lanjut. “Setelah dilakukan penyelidikan tentang kepemilikan barang yang didapat di TKP, selanjutnya diketahui diduga pelaku,” ujarnya.

Selanjutnya dilakukan penangkapan terhadap pelaku diantaranya  Abunawir (28), kemudian dilakukan interogasi terhadap pelaku dan pelaku mengakui perbuatannya. Pelaku mengakui bahwa barang yang ditemukan di TKP, tersebut adalah miliknya yang dilakukannya bersama pelaku Ujang (27) dan Supriyadi (31). 

“Atas dasar keterangan pelaku, kemudian dilakukan penangkapan terhadap pelaku Ujang dan Supriyadi di rumahnya dan pelaku mengakui perbuatanya. Selanjutnya pelaku dibawa ke Polsek Sinaboi untuk pengusutan lebih lanjut,” ujarnya.

Adapun Barang Bukti (BB) diantaranya 1 buah tas hitam merek polo, 1 batang linggis, 1 buah besih panjang satu meter, 1 buah bor tangan, 15 buah mata bor, 1 buah pisau, 1 buah obeng, 1 buah Tang, 1 buah gergaji, 1 buah senter kepala, 3 batang pipa, 3 batang kayu bulat, dan 1 buah skop kecil.ald