Untuk Mahasiswa dari Keluarga Kurang Mampu

Pemkab Alokasikan Beasiswa PT Rp6,4 Miliar


riaupotenza.com
Beberapa mahasiswa mengajukan permohonan beasiswa ke Pemkab Rohil.

BAGANSIAPIAPI (RPZ) - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir pada 2018 ini kembali membuka pengajuan permohonan untuk memperoleh bantuan beasiswa dari kalangan keluarga tidak mampu. Pengajuan permohonan memperoleh beasiswa dari Pemkab Rohil tersebut dapat dikirim melalui pos atau diantar langsung ke Bagian Kesra Sekretariat Pemkab Rohil di Kantor Bupati Rohil di Kawasan Pusat Pemerintahan Pemkab Rohil (KP3R) di Batu Enam. 

Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekdakab Rohil H Muhammad Zein mengatakan, pengajuan bantuan permohonan beasiswa dari Pemkab Rohil untuk mahasiswa dari keluarga kurang mampu ini sudah dibuka sejak 29 April, dan berakhir pada 31 Mei 2018.

“Pemkab menganggarkan beasiswa untuk mahasiswa dari keluarga kurang mampu pada 2018 ini sebesar Rp6,5 miliar,” kata H Muhammad Zein, Rabu (23/5) di Batu Enam.  

Mahasiswa dari kalangan keluarga kurang mampu ini, sebutnya, adalah mahasiswa dari jenjang Diploma III dan mahasiswa Strata Satu (S1). 

Usai penyerahan berkas, sebut Muhammad Zein, dilanjutkan dengan pemeriksaan berkas permohonan. Mahasiswa yang akan memperoleh beasiswa ini adalah mahasiswa dari Rohil, baik yang sedang menjalankan perkuliahan di Padang (Sumatera Barat), (Pekanbaru (Riau), Medan (Sumatera Utara), Jogjakarta, Bandung, Jakarta dan kota lain. Apa saja persyaratan memperoleh beasiswa dapat ditanya langsung ke Bagian Kesra Sekdakab Rohil. 

“Ajukan permohonan memperoleh beasiswa kepada Pemkab Rohil sesuai dengan syarat yang sudah ditetapkan. Setelah tahap penerimaan berkas berakhir pada 31 Mei ini, maka dilanjutkan dengan pemeriksaan dan menyeleksi permohonn yang masuk (pada bulan Juni 2018). Bagi yang mengajukan permohonan sesuai dan memenuhi persaratan, maka akan memperoleh beasiswa Pemkab Rohil,” terang Muhammad Zein. 

Tim seleksi, kata Zein, akan menseleksi satu demi satu permohonan beasiswa tersebut. Berapa besar beasiswa yang diperoleh setiap mahasiswa, sebut M Zein, tergantung berapa banyak yang lolos mengajukan permohonan dan diklasifikasikan sesuai dengan tingkatan Diploma dan Strata. 

Sebagaimana beasiswa tahun sebelumnya, Pemkab Rohil, kata M Zein memberikan beasiswa dalam rangka peningkatan sumber daya manusia (SDM). 

“Beasiswa yang diberikan ini memang kusus diberikan kepada mahasiswa dari keluarga tidak mampu. Diberikan sebagai rasa keprihatinan dan kepedulian, dengan harapan mereka kuliah terus. Selain itu bantuan beasiswa ini sebagai motivasi dan sebagai dorongan kepada adik-adik meningkatkan terus SDM-nya, dan bisa lebih maju lagi serta dapat memanfaatkan bantuan beasiswa itu untuk menunjang kegiatan perkuliahan,” pungkas Zein.amr