40 Sampel Penganan Berbuka Negatif


riaupotenza.com
Petugas BPPOM Riau saat melakukan uji sampel makanan dan minuman penganan berbuka puasa di Pangkalan Kerinci 

PANGKALANKERINCI (RPZ) - Penganan berbuka puasa yang menjamur dijual di pasar kaget pada bulan Ramadhan dipastikan aman dikonsumsi. Terutama lapak berbuka di lapangan sepak bola Pangkalan Kerinci Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur. Hal ini dipastikan setelah BPPOM Riau melakukan uji sampel makanan yang dijual oleh pedagang tidak mengandung zat berbahaya. 
     
''Alhamdulilah 40 sampel yang diambil oleh BPPOM Riau terhadap makanan yang dijual oleh masyarakat di lapangan bola semuanya negatif dari formalin, boraks dan zat berbahaya lainnya,''kata Lurah Pangkalan Kerinci Timur Edi Arifin, S. Sos yang ikut mendampingi pengambilan sampel makanan, Selasa (22/5).
    
Dengan hasil negatif dari 40 jenis penganan yang dijual pedagang di pasar Ramadhan itu sebut Edi, maka tidak ada keraguan lagi bahwa makanan yang dijual sudah aman dikonsumsi. ''Artinya panganan yang dijual sudah terkategori bebas dan aman utk dikosumsi oleh masyarakat umum Pangkalan Kerinci,''ungkapnya.
     
Fakta tersebut membuat mantan Lurah Pelalawan bangga dengan kesadaran masyarakatnya yang lebih mementingkan kesehatan dari mengejar keuntungan semata. 
      
''Terima kasih masyarakatku yang lebih mengedepankan keselamatan dan kesehatan dari mengejar keuntungan saja. Selamat menikmati ibadah puasa 1439 H,''pungkasnya.
     
Dalam pengambilan sampel terhadap juadah berbuka puasa yang menjamur saat puasa seperti saat ini dan rutin dilakukan pihak BPPOM Riau juga didampingi personil Satpol PP dan Damkar Pelalawan serta instansi terkait lainnya. 
     
Dari beberapa titik pasar kaget belum ada ditemukan makanan yang terindikasi mengandung zat berbahaya.amr