Jembatan Darurat Jadi Solusi


riaupotenza.com
JEMBATAN AMBRUK-Kondisi Jembatan II penghubung Desa Tanah Merah dengan Kelurahan Kuala Enok yang ambruk setelah di terpa bencana tanah longsor.

TEMBILAHAN (RPZ) - Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Irliyanto melalui Kabid Bina Marga, Raja Enta akan mengambil tindakan cepat terkait musibah tanah longsor yang terjadi di Sungai Perigi. Apalagi kejadian itu telah menyebabkan jembatan penghubung antara Kelurahan Kuala Enok dan Desa Tanah Merah di Kecamatan Tanah Merah amblas ke dalam sungai, Sabtu (19/5).
 
‘’Jembatan  Kelurahan Kuala Enok dan Desa Tanah Merah di Kecamatan Tanah Merah tersebut sangat vital dan merupakan akses utama masyarakat. Untuk itu, sebagai solusi sementara, kami akan segera mengambil tindakan cepat,’’ ujar Raja.
 
Diakuinya, pihaknya akan melaksanakan survai terhadap jembatan yang longsor di Kuala Enok tersebut untuk mengetahui sejauh mana dana yang dibutuhkan untuk mengambil tindakan cepat.
 
‘’Setelah selesai melakukan survai dan  pengukuran serta mengetahui berapa dana yang dibutuhkan untuk mengambil tindakan cepat, kami akan langsung melaporkan Kepada Kepala Dinas untuk disetujui dan direalisasikan pembuatan jembatanya, minimal jembatan darurat,” jelasnya.
 
Dengan ambruknya salah satu jembatan penghubung ini sontak membuat warga satu desa dan satu kelurahan berbondong bondong memadati area Jembatan yang terletak diantara ujung Jalan Taman Murni Kelurahan Kuala Enok dan ujung Jalan Printis Utama Desa Tanah Merah Kecamatan Tanah Merah guna melihat kondisinya yang terputus tersebut.
 
Berdasarkan pantauan riaupoptenza.com dilapangan akibat bencana tersebut badan Jembatan yang terputus diperkirakan Sepanjang 30 Meter dan tidak dapat di lalui lagi seperti biasanya.
 
Lahi pemborong perbaikan badan jalan Jembatan II itu, mengatakan kejadian itu diperkirakan sekitar pukul 13.00 WIB. Dalam insiden ini badan Jalan Jembatan yang ambruk diperkirakan sepanjang 30 Meter.
 
‘’Tidak ada tanda tanda akan terjadinya longsor. Tak ada hujan, tak ada angin, tiba-tiba saja longsor,’’ ucapnya saat dimintai keterangan.fat/bud