Desa Rawa Bangun Gelar Kegiatan Padat Karya Perdana


riaupotenza.com
Tampak para pekerja dalam program padat karya tunai di Desa Rawa Bangun Kecamatan Rengat.

RENGAT (RPZ) - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Ir Hasman Dayat MSi diwakili oleh Kasi Penatausahaan Keuangan Desa, Dudi Sumbari SAB menghadiri kegiatan padat karya tunai di Desa Rawa Bangun, Kecamatan Rengat, Rabu (16/5).

Adapun padat karya tunai di Desa Rawa Bangun ini berupa rehabilitasi MDTA dengan pagu anggaran senilai Rp29.685.000 yang bersumber dari dana desa APBN tahap I.

Kasi Penatausahaan Keuangan, Dudi Sumbari SAB menjelaskan, padat karya tunai merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat miskin yang bersifat produktif berdasarkan pemamfaatan SDM, tenaga kerja dan teknologi lokal dalam rangka mengurangi kemiskinan dan meningkatkan pendapatan. 

‘’Program Padat Karya Tunai ini memberikan manfaat langsung ke masyarakat. Pasalnya, uang beredar di masyarakat semakin banyak. Sehingga konsumsi dan daya beli masyarakat desa naik,’’ ujar Dudi. 

Pada kesempatan tersebut,Dudi juga mengapresiasi Pemerintah Desa Rawa Bangun yang telah melaksanakan program ini untuk pertama kalinya di Kecamatan Rengat. 
 
‘’Kedepannya diharapkan seluruh desa di Kecamatan Rengat dapat juga melaksanakan program padat karya tunai. Karena program ini merupakan amanat Surat Keputusan Bersama (SKB) empat Menteri, antara lain Menkeu, Mendagri, Mendes, dan Bapenas,’’ pungkasnya.sur