Besi Skor Panjat Tebing Digasak Maling


riaupotenza.com
Besi skor penyangga Climbing wall di depan kantor Bupati Pelalawan digasak maling. Beresiko jika atlit dan masyarakat nekat memanjat tebing batu ituĀ 

PANGKALANKERINCI-Climbing Wall  yang terpancang tegak di lapangan public kreatif depan Kantor Bupati Pelalawan, Pangkalan Kerinci Timur tampak biasa-biasa saja. Tapi siapa menyangka papan panjat tebing yang banyak digandrungi ini dalam keadaan kritis dan berbahaya. Betapa tidak skor besi penyangga di bagian bawah ternyata raib digasak maling. Jika dipaksa berlatih akan sangat beresiko.  

‘’Dasar orang tak pandang tempat mau maling, habis lah besi-besi ni kena bongka,’’begitu kutuk Adi Sumantri, salah pengurus dan atlet panjat tebing Kabupaten Pelalawan, Kamis (17/5).

‘’Untuk atlit yang mau latihan besok, jangan dulu latihan, karena keamanan wall tidak terjamin lagi. Semua skor bagian bawah kena bongkar orang yang lagi kesusahan hidup,’’ungkapnya geram.

Setidaknya menurut Adi, ada 10 batang besi skor bagian bawah yang digasak maling. ‘’Efeknya yang pasti kita dah takut untuk latihan. Karena beresiko. Takut disaat kita manjat akan goyang dan mengakibat kan pergeseran sama baut dan skor-skor yang lain,’’bebernya mengungkapkan kekhawatirannya untuk berlatih serta mewanti-wanti atlet panjat tebing yang lain untuk mengurungkan latihan sebelum besi penyangga diganti dengan yang baru.

Tak hanya besi skor sebut Adi, olahraga yang dikenal dengan Rock climbing yang boleh dikatakan masih berada dalam areal Kantor Bupati Pelalawan yang hanya dibatasi jalan raya itu sebelumnya juga pernah menjadi sasaran maling. ‘’Sebelum itu carabiner pernah juga hilang di atas,  malam juga di ambilnya. Ya, itu tempat gantung tali carmantel,’’keluhnya.

Hanya saja, Adi tidak memastikan apakah kehilangan komponen olahraga alam bebas itu akan dilaporkan ke polisi atau Satpol PP paling tidak. Karena di areal tersebut juga sering mengalami kehilangan.

‘Dalam catatan media ini, sebelumnya juga hilang mesin  pompa air . lalu pagar kantor Camat Pangkalan Kerinci juga digasak maling. Untuk pencurian pagar berhasil dibongkar oleh Satpol PP dan Damkar Pelalawan dan pelakunya diserahkan ke Polres Pelalawan.amr