”Milea dalam Kegelapan”


riaupotenza.com
SMPN 1 Kempas Luncurkan Buku “Milea dalam Kegelapan”

KEMPAS (RPZ) - SMP Negeri 1 Kempas berkomitmen untuk turut mengembangkan Gerakan Literasi Sekolah yang melibatkan siswa secara langsung dengan meluncurkan buku perdana dari sekolah yang berjudul “Milea dalam Kegelapan”. Buku yang merupakan antologi puisi karya siswa di sekolah yang diluncurkan pada 7 Mei 2018.

Buku yang diluncurkan oleh sekolah merupakan hasil karya siswa dibawah bimbingan Gerakan Literasi Sekolah atau yang lebih dikenal dengan GELIS, Gerakan yang merupakan salah satu kegiatan yang dicetuskan oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI), dalam program Satu GuruSatu Buku (SAGUSAKU) yang diketuai langsung oleh Nurbadriyah, M.Pd ketua MGMP Bahasa Indonesia pusat.

Peluncuran buku ini dilaksanakan secara langsung oleh Jufril, SS selaku Kepala SMP N 1 Kempas, yang didampingi oleh Suryati, S.Pd dan Rusmi Zulita, S.Pd selaku editor dengan pengguntingan pita pada cover “Milea dalam Kegelapan”.
  
Dalam sambutannya, kepala sekolah menyampaikan sebuah harapan kepada para peserta didik di sekolah ini, “bahwa setelah peluncuran buku ini diharapkan akan ada buku-buku selanjutnya yang juga merupakan karya siswa”.

Beliau juga memberikan motivasi kepada para siswa akan lebih giat untuk menggembangkan Gerakan Literasi Sekolah sehingga siswa-siswa yang belum mempunyai kesempatan untuk menerbitkan karyanya pada saat ini dapat meluncurkan karya-karyanya di waktu yang akan datang”.   
 
Pada kesempatan yang sama, Suryati, S.Pd yang merupakan salah satu anggota tim penggerak literasi kabupaten Indragiri Hilir, khususnya TIM GELIS, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penulisan dan peluncuran buku antologi ini, khususnya pada TIM GELIS yang telah bekerja sama dengan baik dan saling mendukung untuk menuntaskan tugas yang diemban oleh TIM GELIS untuk memasyarakatkan gerakan literasi dikalangan siswa.      
 
‘’Merupakan kebanggaan tersendiri bagi saya pribadi bisa menjadi salah satu anggota tim GELIS dan menjadi pegiat literasi khususnya di sekolah tempat saya mengajar,” ucap suryati saat diwawancarai.
 
Tampak juga hadir dalam peluncuran buku tersebut Kepala Desa Danau Pulau Indah, Sekretaris Desa Karya Tani, Kepala SMK N 1 Kempas, Kepala SMP N 3 Kempas, Kepala SMPN Satap Sungai Gantang, ketua Komite SMP N 1 Kempas, wali murid, tokoh masyarakat, serta majelis guru dan staf tata usaha serta seluruh siswa SMP N 1 Kempas.
 
Acara peluncuran buku ini pun kian semarak dengan ditampilkannya tarian-tarian oleh Sanggar Dara Gemilang SMP N 1 Kempas, drama dan pantomim oleh siswa Pramuka, serta pertunjukan silat dan paduan suara yang didominasi oleh siswa kelas IX.
 
Peluncuran buku dan seluruh kegiatan yang ditampilkan ini sejalan dengan tema pelepasan siswa Tahun Ajaran 2017/2018 yaitu “Membentuk Menerasi Muda Inspiratif, Kreatif dan Berakhlak Mulia untuk Membangun Bangsa”.

Kegiatan peluncuran buku ini juga dapat terlaksana dengan baik dengan adanya kerjasama antara orang tua, pengurus komite, dan pihak sekolah yang di jembatani oleh Eka Rahayu, S.Pd selaku wakil kepala bagian kesiswaan di sekolah ini. fan/rls