Jokowi Kunjungi Lokasi Ledakan Bom


riaupotenza.com
Presiden Jokowi meninjau gereja yang jadi korban ledakan bom.

JAKARTA (RPZ) - Presiden Joko Widodo langsung menuju Surabaya, Minggu (13/5). Kepala negara yang beken disapa dengan panggilan Jokowi itu telah mendarat du Bandara Juanda Sidoarjo, pukul 14.30 WIB.

Jokowi akan melihat kondisi Surabaya pasca-teror bom di tiga gereja pagi tadi. “Sudah mendarat di Surabaya,” ucap Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Teror bom di Surabaya telah membuat Jokowi membatalkan dua agendanya di Jakarta. Sedianya, Jokowi menghadiri Workshop Nasional Anggota DPRD PPP se-Indonesia di Jakarta Utara.

Selain itu, Jokowi juga dijadwalkan menghadiri kegiatan lainnya di Asrama Haji Pondok Gede. Namun, mantan gubernur DKI itu membatalkan kehadirannya di kedua agenda tersebut dan memilih melakukan penerbangan ke Surabaya.

Sampai di Surabaya, Presiden Joko Widodo meninjau langsung lokasi pengeboman yakni Gereja Kristen Indonesia yang berada di jalan Diponegoro.

Ia mengenakan kemaja panjang putih dan tiba di lokasi sekitar pukul 15.33 WIB. Dia melihat di sekitar dan kemudian sempat masuk ke dalam gereja. Tampak mendampingi Kapolri Tito Karnavian, Menko Polhukam Wiranto, Panglima TNI Hadi Tjahyanto, dan Kepala BIN Budi Gunawan.

Di lokasi tersebut, sisa-sisa pengeboman masih berserakan. Usai sekitar lima menit meninjau lokasi, Jokowi pun berpindah ke Gereja Pantekosta Pusat Surabaya (GPPS) Jalan Arjuna. Di sana Kapolri Tito kembali memberikan penjelasan terkait dengan situasi dan kondisi di tempat kejadian kepada Jokowi. Di gereja ini, Jokowi lebih lama berbincang dan memantau kondisi gereja yang masih porak poranda.

Seperti diketahui, ledakan bom terjadi di Surabaya, Ahad (13/5) pagi. Ledakan bom terjadi di tiga gereja yang ada di sana. Tiga gereja yang dimaksud adalah Gereja Kristen Indonesia (GKI) Diponegoro, Gereja Pantekosta Pusat Surabaya (GPPS) Jalan Arjuna, dan Gereja Santa Maria di Jalan Ngagel.(jpnn)