Hari Ini, Plt Gubri Terima Gelar Adat


riaupotenza.com
Tim LAM Riau saat menjemput Datuk Seri Setia Amanah Arsyadjuliandi Rachman di kediamannya untuk menghadiri prosesi penabalan gelar adat Plt Gubri Wan Thamrin Hasyim.

PEKANBARU (RPZ) - Hari ini, Senin (14/5), Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau akan menabalkan gelar adat Datuk Seri Timbalan Setia Amanah kepada Plt Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim di Balai Adat LAM Riau, Jalan Diponegoro Pekanbaru.

Sebelumnya, Ahad (13/5) kemarin telah dilakukan penjemputan kepada Datuk Seri Setia Amanah Arsyadjuliandi Rachman untuk ikut dalam prosesi penabalan gelar adat untuk Plt Gubri tersebut.

Penjemputan Datuk Seri Setia Amanah Arsyadjuliandi Rachman inidilakukan oleh Tim LAM Riau yang dipimpin oleh Datuk Marjohan Yusuf, bersama datuk-datuk lainnya di
kediaman Datuk Seri Setia Amanah, Jalan Sudirman, Pekanbaru.

Informasi dari salah satu pengurus LAM Riau yang juga Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Yoserizal Zen, penjemputan itu diterima langsung oleh Datuk Seri Setia
Amanah dan menyatakan bersedia untuk mengikuti prosesi tepuk tepung tawar kepada Plt Gubri Wan Thamrin Hasyim.

“Penjemputan ini sudah merupakan tradisi dalam adat, sesuai dengan adanya penabalan gelar yang akan dilakukan,” kata Yoserizal.

“Alhamdulillah Datuk Seri Setia Amanah bersedia untuk menempuk tepung tawar Datuk Seri Timbalan Setia Amanah Senin malam ini. Kita juga harap beliau dapat hadir, karena ini merupakan kewajiban sebagai Datuk Seri Setia Amanah,” tuturnya.

Sebelumnya, Sekretaris Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAM Riau, Taufik Ikram Jamil mengungkapkan, untuk pelaksanaan penabalan gelar adat ini, Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) telah menyebar sebanyak 500 undangan.

“Sebanyak 500 undangan itu terdiri dari LAM kota/kabupaten se-Riau, pemangku pemangku adat, dan juga birokrat,” katanya.

Taufik mengatakan kegiatan penabalan tersebut akan dilaksanakan di pekarangan depan Gedung LAM Riau jalan Diponegoro Pekanbaru.

“Tenda sudah terpasang, segala sesuatunya sudah dipersiapkan, dan Ahad petang kita gladi resik, acara akan dilaksanakan pada Senin malam,” terangnya lagi.(dre)