Bupati Minta Restoran Tutup Siang Hari Selama Ramadan


Kuansing (RPZ)--Bupati Kuansing Drs H Mursini, berharap semua pengusaha restoran dan warung nasi di Kabupaten Kuansing menghargai umat muslim yang berpuasa Ramadan. 

Himbauan tersebut katanya, tertuang dalam surat edaran (SE) Bupati Kuansing dalam menyambut bulan Ramadan. Isinya, mulai larangan buka restoran buka di siang hari, perubahan jam kerja ASN hingga waktu imsakiyah. 

"Kita sudah buat SE-nya. Pokoknya isinya tak jauh beda dengan tahun lalu. Sebelum ramadan sudah disosialisasikan kepada masyarakat," katanya. 

Makanya menyambut bulan Ramadan, ia mengimbau warga Kuansing agar selama Ramadan bersama-sama menjaga suasana kondusif, tenang, suasana penuh religi, sehingga dapat menjalankan ibadah secara khusyuk.

"Oleh karena itu, saya meminta kepada para pengusaha (restoran, red), bisa memperhatikan hal-hal yang tentunya menjaga kekhusyukan," kata Bupati.

Ia berharap pengusaha restoran dan warung nasi tidak membuka usahanya di siang hari, karena dapat mengganggu kekhusyukan umat Muslim dalam menjalankan ibadah puasa.

"Kalau bisa, tentunya restoran itu ditutup selama Ramadan. Namun, kalau pun buka tutuplah restoran dengan tirai, sehingga tidak kelihatan," kata dia.

Selain itu, Mursini juga mengajak masyarakat memperbanyak dzikir selama puasa, melaksanakan salat sunah Tarawih rutin, dan banyak membaca Alquran. 

"Marilah kita menyambut bulan suci Ramadan ini dengan sukacita dan tentunya memperbanyak amal ibadah kita," imbuh Mursini. (cil)