Dr H M Rizal Akbar Lepaskan 82 Mahasiswa KKN IAI Tafaqquh Fiddin Dumai


riaupotenza.com
Ketua Yayasan Tafaqquh Fiddin Dumai DR H N Rizal Akbar memasang topi KKN secara simbolis dimulainya kuliah kerja nyata Mahasiswa Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai.

DUMAI (RPZ)-- Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai Dr H.M Rizal Akbar S.Si.M.Phil didampingi Wakil Rektor IAI-TF Dumai H Rozai Akbar secara resmi melepaskan sebanyak 82 peserta Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan XIII tahun 2018. Pelepasan peserta Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini ditandai dengan penyematan tanda peserta KN oleh Ketua LP2M IAI Tafaqquh Fiddin Dumai.

Ketua LP2M IAI Tafaqquh Fiddin Dumai Dr H.M Rizal Akbar mengatakan, peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan XII Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai ini akan ditempatkan di lima kecamatan dikota Dumai.

Penempatan di lima kecamatan tersebut yakni kecamatan Sungai Sembilan tepatnya dikelurahan Tanjung Penyembal dengan dosen pembimbing Muhammad Firdaus, Kecamatan Dumai Selatan tepatnya di Kelurahan Mekar Sari dengan dosen pembimbing Suryani, Kecamatan Dumai Barat yakni di Kelurahan Purnama dan Kelurahan Bagan Keladi dengan Dosen Pembimbing Syafrizal, Kecamatan Dumai Timur di Kelurahan Tanjung Palas dengan Dosen pembimbing DR Rasyidi, Kecamatan Dumai kota di kelurahan Sukajadi dengan Dosen pembimbing Wan Eka Z dan kecamatan Bukit Kapur tepatnya dikelurahan Kampung Baru dan Kelurahan Bagan besar dengan Dosen Pembimbing Lestari MPd.

Dalam pengarahannya, Doktor terbaik I Universitas Tri Sakti ini mengatakan, Masyarakat Dumai dengan mayoritas muslim dikota Dumai, untuk itu diharapkan eksistensi dari Mahasiswa yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata ditengah-tengah masyarakat.

'' Apalagi di bulan Ramadhan, tentunya keberadaan peserta KKN ini dibutuhkan oleh masyarakat. selain mengikuti program rutinitas kemasyarakatan, seperti kegiatan masjid, tetapi harus ada nilai intelektualnya di masjid tersebut dengan teknik baru, seperti Dakwah yang berkesan harus dikembangkan, zakat harus di promosikan ditingkatkan masyarakat, wakaf harus dikenalkan kepada masyarakat''jelasnya.

KKN ini sendiri bertujuan, Agar IAI TF Dumai dapat menghasilkan  sarjana pengisi  teknostruktur  dalam masyarakat  yang  lebih  menghayati kondisi dan gerak masyarakat serta mempersiapkan kader-kader pembangunan yang beriman dan bertakwa, dan  Untuk  mendekatkan  IAI  TAFAQQUH  FIDDIN  DUMAI  kepada masyarakat  sehingga  dapat  menyesuaikan  pendidikan  tinggi dengan  tuntutan  membangun  masyarakat  yang  berakhlakul karimah. ''  Agar    mahasiswa    dapat  memberikan    pemikiran   
berdasarkan  ilmu  pengetahuan,  teknologi    dan  agama      dalam upaya  menumbuhkan  dan  m empercepat    gerak  pembangunan yang berlandaskan pendidikan keagamaan dan  Untuk  meningkatkan  kerjasama  antar  Sekolah  Tinggi  dengan Pemerintah  daerah,  instansi  terkait  dan  masyarakat  sehingga  LP2M IAI Tafaqquh Fiddin Dumaidapat  menghayati  adanya  ketergantungan,  keterkaitan  dan kerjasama antar sektor''jelasnya.

Diakhir sambutannya, Rizal berharap para Mahasiswa yang melaksanakan KKN hendaknya memberikan kesan baik ditengah masyarakat. '' Berikanlah kesan baik, sehingga selesai melaksanakan kuliah Kerja Nyata, tentu akan selalu diingat''demikian ketua LP2M Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai Dr H M Rizal Akbar.(mdi)