Pengelolaan Barang Milik Daerah Dilingkungan Pemko Dumai Diberi Pembekalan


riaupotenza.com
Sekretaris Daerah kota Dumai H M Nasir MP membuka kegiatan Bimtek pengelolaan Barang Milik daerah bagi peJabat Dilingkungan Pemko Dumai.

DUMAI (RPZ)-Pemerintah Kota Dumai melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Dumai melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD) bagi pejabat penatausahaan pengguna barang, pengurus barang pengguna dan pembantu pengurus barang pengguna di lingkup Pemerintah Kota (Pemko) Dumai.
Pelantikan ini dibuka oleh Walikota Dumai melalui Sekretaris Daerah Kota Dumai H M. Nasir MP bertempat di Ballroom Hotel Comforta Dumai.

Kepela Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Dumai Yufrizal Akhir pekan kemarin mengatakan, diselenggarakannya Bimtek Pengelolaan BMD adalah untuk  memberikan pengenalan tentang pengelolaan barang milik negara/daerah bagi para pejabat pengelola BMD, Kepala OPD serta pejabat penatausahaan pengguna barang, pengurus barang pengguna dan pembantu pengurus barang pengguna di lingkungan Pemko Dumai.

'' Sedangka tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman yang baik dan benar kepada seluruh stakeholder pengelolaan BMD Kota Dumai khususnya, sehingga pengelolaan tang sesuai dengan oeraturan perundang-undangan yang berlaku teraebut dapat dijadikan salah satu sarana dalam mencapai tujuan pembangunan daerah.
 Bimtek ini kita mendatangkan Narasumber dari Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri yakni Ir. Amanah, MT''ujar Yufrizal.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Dumai H M. Nasir MP mengatakan, Kebijakan pengelolaan barang milik daerah adalah rangkaian konsep dan asas yang menjadi garis besar dan dasar rencana keseluruhan kegiatan yang meliputi semua barang yang dibeli atau diperoleh atas beban APBD atau berasal dari perolehan lainnya yang sah.

Lebih lanjut dikatakan, Kota Dumai sendiri telah memiliki payung hukum berupa Perwako Dumai nomor 29 tahun 2010 tentang Sistem dan prosedur pengelolaan BMD yang merupakan pengejawantahan dari Perda nomor 2 tahun 2007 tentang pedoman teknis pengelolaan BMD. '' Pemko Dumai selalu berupaya untuk meningkatkan pengelolaan BMD ke taraf yang semakin baik dan ter up to date. Salah satunya adalah dengan dilaksanakannya bimtek pengelolaan BMD''ujar H M Nasir usai Bimtek Jumat lalu.

Dikatakan, pemerintah telah mengeluarkan dan mengesahkan Permendagri no. 19 tahun 2016 tentang pedoman pengelolaan BMD, dimana sebelumnya mengeluarkan PP nomor 27 tahun 2014 tentang pengelolaan BMD serta keputusan terkait lainnya di bidang pengelolaan BMD (Aset Daerah) menjelaskan bahwa pengelolaan BMD harus dikelola dengan sebaik-baiknya sehingga mendatangkan manfaat yang sebesar-besarnya guna mendukung pelaksanaan tugas pemerintah dan pembangunan daerah sehingga terwujud kemakmuran yang didambakan seluruh rakyat.

' Nah, Terjadinya kesalahan pengelolaan aset tentu akan berdampak hukum, menyebabkan kerugian negara dan rentan kehilangan pendapatan daerah. Pengelolaan BMD merupakan aspek penting dalam kinerja pemerintah daerah. Untuk itu, diharapkan kepada seluruh peserta agar dapat memahami aturan tersebut dengan sebaik-baiknya guna bisa melaksanakan fungsi dan tanggung jawabnya dengan benar dan sesuai tata tertib serta aturan yang berlaku''demikian Sekdako Dumai H M Nasir MP.(mdi)