Sekda Buka Pelatihan Bumdes se Kuansing

Bumdes Tingkatkan Ekonomi Masyarakat 


riaupotenza.com
Sekda Kuansing DR Dianto Mampanini membuka pelatihan Bumdes se Kuansing belum lama ini. 

KUANSING (RPZ) - - Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Riau menyelenggarakan kegiatan pembinaan pengelolaan BUM Desa se Provinsi Riau di Kabupaten Kuantan Singingi belum lama ini. 

Kegiatan ini, kata Sekretaris Daerah Kabupaten Kuansing DR Dianto Mampanini bertujuan  menyatukan persepsi dan menumbuhkan komitmen di kalangan pengurus Badan Usaha Milik (BUM) Desa dalam mengelola kegiatan yang sudah ada. 

"Tak hanya Bumdes, juga pengelola pasar dan pengurus posyantek dan lain-lain," katanya. 

Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Angela Teluk Kuantan tersebut dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Kuansing DR Dianto Mampanini. Hadir dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Riau Nazirwan mewakili kepala dinas PMD Riau, dan Kabid Pemberdayaan Masyarakat Irwan Nazib SH MH mewakili Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kuansing.

Sekda menyampaikan bahwa kegiatan ini manfaatnya sangat besar bagi kemajuan dan pengembangan BUM Desa.

"Kami mengharapkan diadakan setiap tahunnya agar desa lebih memahami dalam mengelola badan usaha milik desa," harap sekda.

Dianto mengatakan, selain embaga desa yang bergerak di bidang ekonomi, BUM Desa juga bergerak di aspek sosial. 

"Dapat menjadi perekat kehidupan sosial kemasyarakatan. Karena hasil BUM Desa dialokasikan untuk berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan," katanya. 

Dalam aspek komersial katanya, BUM Desa melakukan aktivitas usaha untuk mendapatkan keuntungan bersama. Makanya, Pemkab berkomitmen melakukan pemberdayaan masyarakat melalui pembinaan BUM Desa. 

"Kita akan terus optimalkan dengan meningkatkan peran dan anggaran dinas terkait," katanya. 

Apalagi BUM Desa dari Kuansing yaitu BuM Desa Amanah Sejahteta dari Desa Sungai Buluh merupakan yang terbaik se Provinsi Riau dengan SHU tahun 2017 lalu saja sudah mencapai Rp694 juta. 

Dianto melihat peserta yang mengikuti pelatihan ini juga ada yang berasal dari pengurus pos pelayanan teknologi tepat guna dimana keberadaannya dapat mendukung usaha BUM Desa pada sektor riil. 

"Saya juga mengharapkan lembaga terkait juga dapat memberikan kontribusi terhadap program ini," papar sekda.(cil)