Bulog Sub Drive Tembilahan Optimalkan GAP dan RPK


riaupotenza.com
Berdian Wiradika

TEMBILAHAN (RPZ) - Mengantisipasi gejolak kenaikan harga jelang bulan suci Ramadan serta Idul Fitri 1439 Hijriah, Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Dribe Tembilahan akan mengoptimalkan Gerakan Stabilisasi Pangan (GSP) dan Rumah Pangan Kita (RPK).
 
‘’GSP dan RPK ini akan kami optimikan agar tidak terjadi kenaikan harga jelang Ramadan dan Idul Fitri. Sehingga, masyarakat tidak dirugikan atau mengeluhkan harga sembako yang merangkak naik,’’ ujar Kepala Bulog Sub Dribe Tembilahan, Berdian Wiradika Damanik.
 
Diungkapkan Berdian, pihaknya juga menyediakan sejumlah kebutuhan pokok masyarakat untuk dijual melalui GSP maupun RPK dengan harga yang lebih murah dari pasaran.
 
‘’Barang yang kami jual melalui RPK tentunya sesuai kebutuhan stabilitas masyarakat. seperti  minyak goreng dalam kemasan, gula pasir serta beras,” paparnya.
 
Berdian menerangkan, pemerintah melalui Menteri Perdagangan RI belum lama ini juga sudah menetapkan dan menjual beras kualitas medium dengan harga di bawah HET atau Rp9.450 per kg ke pasar.
 
‘’Sejalan dengan program pemerintah itu, kami akan mendistribusikan beras kualitas medium ke pasar dengan berbagai komoditas. Kami akan salurkan lewat RPK maupun operasi pasar murah,” jelas Berdian.
 
Tahun ini, lanjutnya, Bulog Sub Drive Tembilahan juga menyedialan daging beku dan dijual dengan harga Rp80.000 per kilogram serta akan mendatangkan tepung terigu.
 
‘’Sejauh ini komoditas kebutuhan pokok seperti gula, beras, gula pasir dan daging beku masih mencukupi dan aman selama Ramadan serta Idul Fitri,’’ tutur Berdian.*