Wow, Polda Riau Gagalkan Peredaran Sabu Senilai Rp 7,5 Miliar


riaupotenza.com

PEKANBARU (RPZ) – Direktorat Reserse Narkoba Kepolisian Daerah Riau menggagalakan upaya peredaran sabu senilai Rp 7,5 miliar di Jalan Lintas Dumai-Pekanbaru. Polisi menangkap seorang kurir bernama Eksmon Adami, yang merupakan warga Pekanbaru. Polisi turut mengamankan barang bukti sabu seberat 5 kilogram.

“Selain pengedar turut diamankan satu unit mobil merek Honda Fred yang digunakan tersangka,” kata Direktur Reserse Narkoba Polda Riau Kombes Hariono, Selasa (17/4/2018).

Hariono menjelaskan, penangkapan terhadap tersangka dilakukan di parkiran sebuah rumah makan di kawasan Puncak, Jalan Lintas Dumai – Pekanbaru. Polisi langsung melakukan penangkapan serta memeriksa mobil yang digunakan tersangka.

Kepada penyidik, tersangka mengaku barang haram tersebut merupakan titipan dari seseorang yang tidak dikenalnya di Dumai. Rencananya sabu itu bakal dibawa ke Pekanbaru. Namun dalam hal ini, antara pemilik barang dan penerima menggunakan pola terputus dengan memanfaatkan kurir.

Transaksi dilakukan menggunakan telepon sehingga kurir tersebut tidak mengenal siapa pemilik dan penerima barang itu. “Pemilik dan penerima barang belum berhasil ditangkap karena sudah mengetahui kurir tertangkap lebih dulu,” katanya.

Meski demikian, polisi terus berupaya mengejar keterlibatan pihak lainnya berdasarkan keterangan kurir yang sudah tertangkap. Akibat perbuatannya, tersangka dijerat pasal 114 junto 112 undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkoba dengan ancaman maksimal seumur hidup. (alz/rpz)