Inhil Tuan Rumah Duta Genre


riaupotenza.com
SEKAPUR SIRIH-Sekdakab Inhil, H Said Syarifuddin mengambil sekapur sirih saat menghadiri ajang pemilihan Duta Genre dan Kreativitas Remaja (PIK-R) Tingkat Provinsi Riau.

TEMBILAHAN (RPZ) - Dalam rangka mewujudkan generasi muda yang terbebas dari pengaruh narkoba, seks bebas dan hal negatif lainnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menunjuk Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) sebagai tuan rumah dalam Ajang Pemilihan Duta Genre dan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) tingkat Provinsi Riau.
 
Acara yang dipusatkan di Gedung Engku Kelana, Senin (16/4) itu dihadiri Kepala BKKBN Provinsi Riau, Drs Agus Pornomo Proklamasi,  Direktur Ketahanan Remaja BKKBN  RI, Eka Sulistiya Ediningsih SH MSi, Kepala Dinas/Badan di lingkup Pemkab Inhil, Forkopimda serta masyarakat.
 
Kegiatan itu dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Inhil, Said Syarifuddin. Dalam sambutannya, ia menyebutkan bahwa kepercayaan yang diberikan Pemprov Riaumerupakan sebuah penghargaan bagi masyarakat dan Pemkab Inhil.
 
‘’Kepercayaan ini tentu akan menjadi motivasi dan tantangan tersendiri Kabupaten Inhil untuk menjadikan remaja-remaja di daerah ini khususnya, menjadi remaja yang kreatif,” ujar Said.
 
Terlebih saat ini di Indonesia sekitar 25 persen penduduknya merupakan kalangan remaja. Dengan demikian sudah barang pasti banyak sekali terjadi problema di kalangan remaja tersebut yang mesti dihadapi. Seperti permasalahan seks bebas, narkoba, tawuran dan lainnya.
 
‘’Salah satu cara efektif mengantisipasi berbagai permasalahan yang dihadapi remaja, melalui Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R). Kehadiran PIK-R merupakan wadah kegiatan program Genre yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja. Bertujuan memberi informasi, konseling dan pelayanan bagi remaja, serta kegiatan maupun penunjang lainnya,’’ ungkap pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau itu.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Inhil, R Rida Indaryanti SE menjelaskan, program PIK R ini sangat penting terkait prospek pertumbuhan, kesehatan dan proses reproduksi remaja. Sehingga diharapkan dapat tercipta kondisi sehat secara menyeluruh yang dimiliki remaja mulai fisik, mental, emosional maupun seksual.
 
“Dengan peran PIK-R dimaksud, sosialisasi program Genre pada kalangan remaja khususnya di sekolah-sekolah sangat efektif, karena komunikasi yang dijalin dilakukan dengan pendekatan dari, oleh dan untuk remaja itu sendiri. Selain mendukung program Genre secara khusus, PIK-R juga dapat membantu dalam mensosialisasikan program kependudukan dan keluarga berencana secara umum,” beber Rida.fat